Nonton Balap Sepeda dari Sirkuit Jomin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Nonton Balap Sepeda dari Sirkuit Jomin

Nonton Balap Sepeda dari Sirkuit Jomin

Written By Admin Raka on Jumat, 24 Agustus 2018 | 12.15.00

KOTABARU, RAKA - Warga Cikampek, Kotabaru dan Jatisari antusias menyaksikan perlombaan Asian Games cabang olahraga balap sepeda yang melintasi Jalur Simpang Mutiara, Jomin, sampai Cikalong, Jatisari, Kamis (23/8).

Jalan sepanjang 9 KM itu ditutup total selama 5 jam. Dari pukul 08.00 sampai 12.00. Sepanjang jalan dipenuhi oleh warga yang berjejer menyaksikan berlangsungnya lomba, sekaligus mendukung peserta balap sepeda yang mewakili Indonesia.

Suasana kemeriahan dan keramaian sangat dirasakan pada saat peserta balap melintas, gemuruh tepuk tangan dan teriakan "Indonesia! Indonesia!" dari semua warga yang menyaksikan sebagai bentuk dukungan terhadap atlet dari Tanah Air.

Erik (18), warga Perumahan Regency Cikampek Utara mengaku, demi menonton lomba balap sepeda Tingkat Asia tersebut dirinya sudah berada di Simpang Jomin sejak pukul delapan pagi. "Dari jam 8 udah di sini. Kalau motor disimpan di dekat pom, soalnya tadi pas mau kesini udah ditutup," ujarnya.
Di tempat yang sama, salah seorang pemilik warung yang berada di dekat Pos Polisi Simpang Jomin juga mengatakan, sudah mengetahui bahwa pada Kamis (23/8), akan ada lomba balap sepeda Asian Games yang diikuti oleh berbagai negara. "Sudah tahu, soalnya sudah 2 kali ada simulasi. Ya mau nggak mau harus mendukung (atlet tuan rumah). Ini kan perlombaannya tingkat internasional, pesertanya dari berbagai negara," ungkapnya.

Kasubag Humas Polres Karawang AKP Marjani mengatakan, selama 5 jam jalur Simpang Mutiara sampai Cikalong ditutup total. Semua pengendara yang hendak melintasi jalur tersebut dialihkan ke jalur alternatif. "Bagi yang mau ke arah Cirebon kami alihkan lewat jalan Tirtamulya," ujarnya kepada Radar Karawang.

Dia juga mengatakan, beberapa hari sebelumnya sudah disosialisasikan kepada masyarakat. Sehingga ketika pelaksanaannya sudah tahu bahwa pada hari Kamis (23/8) ada penutupan jalan di Jalur Simpang Mutiara sampai Cikalong. "Warga sudah pada tahu dan mendukung. Mereka tidak merasa keberatan, termasuk warga yang melakukan aktivitas usaha di pinggir jalan sepanjang jalur ini," paparnya.

Menurutnya, untuk pengamanan selama kegiatan balap sepeda berlangsung, ada 800 personel dari kepolisian yang bertugas sepanjang jalur Simpang Mutiara sampai Cikalong.

Selain di jalur tersebut, pihak kepolisian juga menempatkan petugas di beberapa titik jalan alternatif. "Jadi selain di jalur lomba, di tempat pengalihan juga ada yang bertugas," terangnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang Arief Bijaksana mengatakan, pengamanan Asian Games Cabang Olahraga Balap Sepeda, tidak hanya dilakukan oleh pihak kepolisian, namun juga melibatkan personel TNI dan Satpol PP. Selain itu, anggota Linmas dan staf Kecamatan Cikampek, Kotabaru dan Jatisari juga diikutsertakan dalam pengamanan. "Kita dari Dishub menurunkan 150 personel," pungkasnya.

Sementara itu, selain penutupan jalan di jalur Simpang Muitiara hingga Cikalong Jatisari, gerbang Tol Cikampek juga ditutup. Begitupun dengan Tol Sadang, yang menyambung hingga jalur arteri menuju Cikampek.

"Keluar ke gerbang Tol Cikampeknya ditutup pokonya keluar masuk, tapi bisa dialihkan lewat Tol Dawuan Kalihurip. Yang dialihkan dari arah Purwakarta dan sebaliknya juga," jelas Humas PT Jasa Marga Cabang Tol Jakarta-Cikampek Irwansyah, Kamis (23/8).

Pihak Jasa Marga kata dia, juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat. "Minta pengertiannya saja sih buat warga, ini kan cuman sehari dan ini kan event internasional. Biar semua berjalan lancar, saya kira warga juga udah paham," kata dia. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template