Nama di Akta Kelahiran Jangan Disingkat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Nama di Akta Kelahiran Jangan Disingkat

Nama di Akta Kelahiran Jangan Disingkat

Written By Admin Raka on Jumat, 10 Agustus 2018 | 16.30.00

KARAWANG, RAKA - Setiap orangtua harus jeli dan berhati-hati saat akan melakukan pembuatan dokumen akta kelahiran, mulai dari nama orangtua, nama anak dan tanggal lahir yang bersangkutan. Jika terdapat kesalah tulisan hal itu dilakukan dari pemohon sendiri.

Kepala Bidang Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) Karawang Nining Ratnaningsih menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Kamis (9/8).
"Pemohon dokumen akta kelahiran harus betul-betul memperhatikan persyaratan dalam pembuatan akta kelahiran," ujarnya diruang kerjanya.

Kata Nining, bagi pemohon yang saat ini akan membuat dokumen akta kelahiran, ketika anak belum memasuki masa sekolah wajib hukumnya mengikuti persyaratan yang ada didalam ketentuan yang berlaku. Adapun untuk pembuat akta kelahiran bagi anak yang sudah duduk dibangku sekolah
itu akan dilihat dari raport anak akan nama anak tersebut, serta dilihat juga dari dokumen kartu keluarga (KK) yang ada. "Jika orangtua ingin mengganti nama anak setelah memiliki akta kelahiran, maka wajib hukumnya melakukan proses persidangan dipengadilan negeri," ujarnya.

Oleh sebab itu orangtua, kata Nining, baik anaknya yang saat ini sudah duduk dibangku sekolah maupun yang belum sekolah, agar bisa melakukan proses permohonan dokumen akta kelahiran secara benar dan rapi. "Masalah yang harus betul-betul diperhatikan itu nama, karena nama saat melakukan permohonan tidak boleh disingkat dalam permohonan akta kelahiran," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template