Murid Padepokan Bajing Kiring Mencapai 1000 Orang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Murid Padepokan Bajing Kiring Mencapai 1000 Orang

Murid Padepokan Bajing Kiring Mencapai 1000 Orang

Written By Admin Raka on Kamis, 02 Agustus 2018 | 17.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Menjaga warisan budaya bangsa merupakan keharusan bagi setiap generasi muda. Banyak yang tidak mengetahui bahwa pencak silat merupakan salah satu warisan asli yang berasal dari Indonesia.

Encep Permana, Guru Muda yang sekaligus menjadi pemilik Padepokan Silat Bajing Kiring, mengatakan, Padepokan Bajing Kiring di Cikampek merupakan padepokan pusat, karena banyak Padepokan Bajing Kiring diberbagai daerah namun yang menjadi pusatnya ialah padepokan yang saat ini ia miliki. "Bajing kiring didirikan sejak tahun 1982 oleh almarhum H Mang Cece Nurdin, ayah kandung saya sendiri," ujarnya.

Melalui padepokan yang seadanya itu, Encep Permana telah banyak mencetak murid-murid yang berprestasi dalam bidang pencak silat. "Sudah banyak yang jadi atlet nasional juga, beberapa waktu lalu ada salah satu murid saya yang masih sekolah SMP mendapatkan juara 1 di Karawang," ujarnya.

Menurutnya, saat ini murid yang ikut berlatih di Padepokan Bajing Kiring sudah lebih dari 1000 orang. Sebab hampir setiap sekolah mengadakan ekskul pencak silat dan hampir memilih untuk berlatih di Bajing Kiring. Tidak hanya untuk anak sekolah, ia juga membuka padepokan untuk siapapun yang mau ikut berlatih. Hanya mengisi formulir dengan biaya pendaftaran sebesar Rp50.000 kemudian membayar Rp10.000 setiap latihan untuk sekedar membeli air para pelatih. "Yang bayar paling satu dua orang nggak semuanya, tapi memang nggak diharuskan sih bagi yang punya aja," ujarnya.

Selain bela diri, lanjut Encep, pencak silat juga merupakan seni, maka untuk anak-anak sekolah ia hanya mengajarkan jurus-jurus dasar yang sekedar seni saja. "Kalau yang dewasa lebih khusus untuk menjaga diri dari tindakan kejahatan, maka latihan dan jurus yang diajarkanpun berbeda, ada cimande, pamacan, cikalong dan jurus-jurus lain untuk bertarung dengan lawan," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template