Merangsang Kreatifitas Siswa Tidak Sulit - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Merangsang Kreatifitas Siswa Tidak Sulit

Merangsang Kreatifitas Siswa Tidak Sulit

Written By Admin Raka on Selasa, 07 Agustus 2018 | 15.15.00

PANGKALAN, RAKA - Beragam kegiatan dilaksanakan SMK IPTEK Sanggabuana, Pangkalan untuk melatih kreatifitas siswa. Mulai dari ekstrakurikuler hingga kegiatan tahunan dirancang sebagai wadah siswa menyalurkan bakat. Semua program itu sebagai konsep mewujudkan siswa yang berdaya saing nantinya.

"Guna mencegah terjadinya tawuran antar pelajar sekolah harus memperbanyak kegiatan ekstrakurikuler. Itu penting guna mempersempit waktu pelajar untuk berkegiatan negatif usai mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM)," Ujar Kepala sekolah SMK IPTEK Sanggabuana H. Asep Suprayogi.Spd.MM.

Banyaknya kegiatan positif akan membuat pelajar tidak lagi berkumpul ditempat-tempat yang tidak semestinya, seperti di pinggir jalan, terminal dan sebagainya. Karena ini dapat memicu terjadinya kasus tawuran pelajar. Asep menambahkan, dalam menghadapi era globalisasi ini, sejatinya tidak hanya digalakkan pembangunan fisik. Namun pada diri siswa juga harus ditanamkan nilai-nilai kebangsaan, budi pekerti, sopan santun dan keagamaan. "Pola pendidikan saat ini semestinya diperbanyak kegiatan ekskulnya. Ini untuk mencegah tawuran pelajar. Kemudian juga ditambah dengan kegiatan sosial dan keagamaan," tambah Asep.

Kegiatan ekstrakurikuler, Ungkap Asep cukup bermanfaat. Kegiatan selepas jam pelajaran itu menawarkan sejumlah pelatihan sesuai bakat dan minat siswa. Seperti KIR (Kelompok Ilmiah Remaja), Pramuka, Palang Merah Remaja, English Club, Pecinta Alam dan olahraga. Selain itu sepak bola, bola basket, bola voli, tenis, pencak silat, dan renang juga menjadi hal positif yang dilakukan siswa.

Ekstrakurikuler biasanya dilaksanakan satu kali seminggu selama satu setengah sampai dua jam. Diantara sekian banyak jenisnya, pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib bagi siswa. Selebihnya bersifat pilihan dan siswa boleh mengikuti lebih dari dua kegiatan ekstrakurikuler. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template