Menunggu Realisasi Embung Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Menunggu Realisasi Embung Desa

Menunggu Realisasi Embung Desa

Written By Admin Raka on Rabu, 08 Agustus 2018 | 15.00.00

JATISARI, RAKA - Akhirnya, apa yang selama ini diinginkan Kepala Desa Balonggandu Suhana yaitu memperbaiki tempat penampungan air untuk mengairi areal pesawahan akan segera terwujud. Pasalnya Desa balonggandu merupakan salah satu desa dari dua desa yang mendapatkan program embung desa dari Kementerian Desa (kemendes).

"Dari dulu saya sering sampaikan, ingin memperbaiki tempat penampungan air atau embung agar pengairan di areal pesawahan Balonggandu dan sekitarnya bisa normal," ujar Kepala Desa Balonggandu Suhana.

ia menyampaikan, keinginannya tidak lama lagi akan terwujud, karena sudah melakukan penandatanganan kontrak atas program embung desa belum lama ini. Bahkan dirinya saat ini masih sering bolak-balik Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) untuk mempercepat realisasi pembangunan embung tersebut. "Sebelumnya bolak-balik ke kementerian (Kemendes), sekarang bolak-balik ke DPMD, hanya tinggal realisasi sebenarnya," ujarnya.

Sebelum realisasi, tambah Suhana, ada pengarahan yang disampaikan oleh pihak kementerian. Diantaranya mulai dari proses realisasi, pelaporan realisasi yang harus dilakukan tiap hari. "Dibuatkan grup WA sama orang Kemendes, itu se-Indonesia, nanti saat realisasi langsung upload progras pembangunan di grup itu," ujarnya.

Menurutnya, bukan sekedar upload foto, melainkan ditambahkan juga keterangan titik koordinat atas pekerjaan yang sudah dikerjakan. Dengan demikian, pembangunannya memang benar-benar langsung diawasi dan dipandu oleh orang Kemendes. "Pokoknya ketatlah, tapi bagus sih, jadi serius dalam mengerjakannya. Apalagi pengerjaannya tidak boleh dikontraktualkan," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, areal pesawahan di wilayah tersebut sering mengalami kekeringan karena kekurangan pasokan air. Dengan adanya perbaikan embung, maka diharapkan tidak ada lagi sawah yang kekurangan pasokan air. "Anggarannya untuk penurapan dan perbaikan pintu air," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template