Menumbuhkan Rasa Nasionalisme di Sekolah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Menumbuhkan Rasa Nasionalisme di Sekolah

Menumbuhkan Rasa Nasionalisme di Sekolah

Written By Admin Raka on Jumat, 31 Agustus 2018 | 14.45.00

TEGALWARU, RAKA - Selain belajar seni kegiatan ekstrakurikuler marching band juga menumbuhkan rasa disiplin. Seni yang dimaksud karena dalam marching band banyak melibatkan banyak alat musik.

Kegiatan marching band bukan cuma sebatas menciptakan kreatifitas dan mengembangkan bakat tetapi juga membentuk mentalitas tim, disamping taat dan patuh pada peraturan. Ini yang jadi modal untuk mewujudkan tim drumband yang solid dan unggul. Aktif dalam kegiatan marching band membuat siswa terus menggali bakat dan minatnya terhadap seni baris berbaris, musik dan hal yang tidak kalah penting membuat siswa bersemangat menggali bakat dan minatnya terhadap seni dan budaya Indonesia.

Karakteristik unik dari setiap daerah yang ada di Indonesia, termasuk didalamnya kebudayaan dan kesenian tradisional, dapat menjadi tema musikal yang menarik untuk dipadukan ke dalam musik dalam marching band. Baik musik, gerak tari dan budaya Indonesia dapat menjadi sumber inspirasi. “Dengan aktif di ekstrakurikuler ini juga menumbuhkan nasionalisme siswa. Selain wadah untuk berprestasi," ucap Kepala Sekolah SMP PGRI Tegalwaru H. Ujang Sahri Widodo.

Kegiatan marching band ini juga, sebutnya, diharap berfungsi sebagai penyaluran agresifitas dan emosi remaja secara positif. Selanjutnya, fungsi kesenian yakni menjembatani kekurangan pendidikan musik pada pendidikan formal di sekolah. Marching band juga berkaitan erat dengan seni tari kontemporer dan tradisional, serta fungsi sosial.

Kontribusi lain adalah bahwa marching band dapat meningkatkan kemampuan sosial dan individual seseorang. “Kami berharap melalui ekstrakurikuler marching band yang saat ini sudah terbentuk, para siswa terus berlatih dan siap mengikuti kompetisi serta meraih juara yang terbaik,” ucap Ujang. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template