Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Siswa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Siswa

Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Siswa

Written By Admin Raka on Jumat, 10 Agustus 2018 | 13.45.00

PANGKALAN, RAKA - Sekolah sebagai institusi pendidikan, sesungguhnya tidak hanya berkewajiban mengembangkan dan meningkatkan kualitas siswa dalam hal-hal yang sifatnya akademis, tetapi juga berkewajiban mengembangkan dan meningkatkan kemampuan siswa untuk yang sifatnya non akademis.

Untuk itu Ambalan Prabu Siliwangi SMAN 1 Pangkalan menggiatkan baris berbaris menjadi kegiatan penting pramuka digugus depan. "Sekolah harus memberikan tempat untuk mengembangkan bakat dan kreatifitas siswa. Hal itu bertujuan untuk menjadikan siswa bukan hanya sebagai manusia yang memiliki kebebasan berkreasi, tetapi juga budi pekerti yang baik dan kecakapan disiplin," ucap Pembina Pramuka SMAN 1 Pangkalan Rizal.

Pramuka SMAN 1 Pangkalan, Salah satu aktualisasinya adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) Pramuka dengan tujuan pengembangan bakat, minat, serta kreativitas yang dimiliki siswa. "Pada kegiatan ekskul inilah siswa diarahkan untuk dapat memahami dan mengembangkan bakat serta kemampuannya sehingga dapat menciptakan individu yang berkarakter dan mampu mengembangkan diri sesuai keminatannya," terangnya.

Sementara Kepala sekolah SMAN 1 Pangkalan, SMAN 1 Pangkalan Hari Radianto menegaskan gerakan pramuka selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global. Dirinya berharap sifat pribadi yang relatif stabil pada diri individu yang menjadi landasan bagi penampilan perilaku.

Dalam standarnya nilai dan norma yang tinggi Jadi pendidikan karakter menjadi sebuah proses untuk mencerdaskan individu yang berperilaku sesuai dengan standar nilai dan norma yang tinggi. "Gerakan pramuka sebagai salah satu organisasi pendidikan luar sekolah maupun Perguruan Tinggi mampu membina, mengembangkan dan mencetak generasi-generasi andalan yang tangguh, pantang menyerah, kreatif, mandiri, disiplin dan mempunyai tanggung jawab," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template