Masyarakat Bisa Jatuhkan Sanksi Buat Dewan Malas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Masyarakat Bisa Jatuhkan Sanksi Buat Dewan Malas

Masyarakat Bisa Jatuhkan Sanksi Buat Dewan Malas

Written By Mang Raka on Kamis, 16 Agustus 2018 | 14.17.00

KARAWANG, RAKA - Pengamat politik dari Indobarometer Cecep Sopandi menilai, masyarakat layak memberikan sanksi sosial terhadap anggota legislatif petahana yang kiprahnya tidak dirasakan masyarakat.

Diantaranya tidak dipilih lagi pada Pileg mendatang. Sebab, orang-orang semacam itu telah mencederai amanah yang telah diberikan masyarakat. "Enak saja, sudah diberikan kesempatan dipilih jadi dewan, jangankan aktif menyuarakan aspirasi masyarakat di parlemen, mendatangi konstituen pun jarang, bahkan tidak pernah," ujarnya.

Untuk itu, Cecep mengingatkan anggota DPRD yang akan kembali maju. Kata dia, setidaknya ada 3 hal yang menjadi faktor bagi calon legislatif yang ingin maju. Pertama, kedikenalan dirinya di masyarakat. Kedua, mereka disukai oleh masyarakat dan ketiga memiliki logistik yang cukup. "Nah khusus bagi caleg petahana, sebenarnya mereka seharusnya sudah punya modal sosial karena selama mereka menjabat diberikan fasilitas dan anggaran untuk menyerap aspirasi masyarakat yang jadi basis konstituennya," paparnya.

Selain itu, mereka juga punya modal finansial yang cukup, sehingga potensi untuk dipilih kembali sangat besar. Partai politik juga semestinya melakukan evaluasi terhadap kader partainya yang saat ini duduk di parlemen, memberikan sanksi kepada mereka yang selama menjabat tidak aktif dan cenderung malas. "Jangan sampai Partai hanya memikirkan aspek elektoral saja, tapi juga sama-sama membangun kualitas demokrasi ini," tambah dia.

Persoalannya saat ini, berani tidak masyarakat kritis dalam mengawasi calon legislatif di wilayahnya? Bahkan kata Cecep, kalau perlu sebut orang yang tidak pernah menyerap aspirasi masyarakat, tunjuk namanya yang tidak pernah datang ke dapilnya. "Jika itu terjadi, saya yakin anggota dewan yang akan terpilih nanti benar-benar mereka yang dikehendaki masyarakat dan paham mengenai tugas dan fungsinya sebagai anggota DPRD," pungkasnya. (fiq)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template