Mahasiswa Unla Bahas UMKM Jatiluhur - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mahasiswa Unla Bahas UMKM Jatiluhur

Mahasiswa Unla Bahas UMKM Jatiluhur

Written By Admin Raka on Jumat, 24 Agustus 2018 | 11.30.00

PURWAKARTA, RAKA- Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Jatiluhur, mahasiswa Universitas Langlangbuana (Unla) yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) gelar kegiatan seminar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Kamis (23/8).

Camat Jatiluhur, H Asep Supriatna, mengapresiasi serta mendorong para mahasiswa untuk menganalisa segala bentuk kekurangan dari para pelaku usaha niaga yang ada di Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta. "Demi berkembangnya para pengusaha niaga lokal dari segala sisi, maka silahkan gali potensi yang ada sedalam-dalamnya," ujar Asep.

Di tempat yang sama, Perwakilan rektor Universitas, Dr. H Mumun Syahban, mengatakan, selama ini KKNM biasa dikenal hanya dengan fisiknya saja. Namun, terlebih dahulu pihaknya ingin membuka wawasan dengan sinergi antara pemerintah, akademisi, Bumn dan sebagainya. "Jadi kita sinergikan bersama-sama, sehingga program ini bisa berjalan," ujarnya.

Menurutnya, Kecamatan Jatiluhur memiliki banyak potensi. Hanya saja untuk saat ini teknis pengembanganya sendiri pun masih terkesan minim. Dengan demikian, pihaknya memiliki mainset guna mengembangkan UMKM baru yang dari potensi lokal menjadi pemasaran global. "Ditunjukkan menjalin beberapa mitra, khususnya yang terkait dengan produk olahan ikan. Dengan demikian, pengolahan ikan ini akan menjadi suatu usaha yang lebih produktif jika dibandingkan menjual ikannya langsung tanpa di olah," kata Mumun.

Dengan hadirnya KKNM Unla di sini, tambah dia, setidaknya bisa sedikit memberi kontribusi yang bermanfaat untuk warga Kecamatan Jatiluhur. "Semoga dengan adanya seminar kewirausahaan ini, masyarakat mampu melihat potensi dan pentingnya menjadikan usaha sampingan, bahkan usaha pokok untuk mengembangkan perekonomian masyarakat itu sendiri," ujar Mumun.

Ditemui usai memeberikan materi UMKM, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Dudi Sudrajat Abdurahim, mengatakan, hadirnya banyak pegiat UMKM akan membuka semakin banyak lapangan kerja dan berputarnya roda perekonomian masyarakat. "Dengan seminar ini, diharapkan menumbuhkan iklim kewirausahaan di kalangan masyarakat Purwakarta, khususnya masyarakat Kecamatan Jatiluhur, di tengah sempitnya lapangan kerja yang diperebutkan banyak orang," ujarnya.

Dudi berharap, kegiatan tersebut bisa membantu program-program pemerintah, sehingga terimplementasi dengan baik di masyarakat, sehingga bisa mengaplikasikan bekal keilmuan dan tip/trik praktis oleh mereka yang menerjuni dunia bisnis. "Tentunya KKNM ini, untuk mendorong UMKM di sekitar Jatiluhur untuk lebih maju lagi, karena potensi wisata terutama," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template