Linmas Lomba Baris Berbaris - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Linmas Lomba Baris Berbaris

Linmas Lomba Baris Berbaris

Written By Admin Raka on Selasa, 14 Agustus 2018 | 14.00.00

KOTABARU, RAKA - Dalam rangka memeriahkan kemerdekaan, bukan hanya perlombaan untuk PKK yang diadakan oleh Kecamatan Kotabaru, melainkan diadakan juga perlombaan khusus untuk Linmas dari semua desa yang ada di Kecamatan Kotabaru.

Perlombaan baris berbaris khusus linmas yang dikoordinatori oleh Kasi Trantib Kecamatan Kotabaru, tak kalah seru dari perlombaan lomba joged PKK. Semua anggota linmas dari 9 desa yang ada di Kecamatan Kotabaru menjadi peserta dalam lomba baris berbaris. Lucunya, pada saat lomba dilaksanakan, hampir semua peserta tidak mengetahui dan menguasai materi atau tekhnik baris berbaris, terlebih saat linmas dari masing-masing menampilkan baris-berbarisnya. Kelucuan itu mengundang tawa setiap orang yang menyaksikan lomba tersebut. Bahkan saking lucunya, tak jarang anggota Polisi dan TNI yang menjadi juri pada lomba tersebut, ikut tertawa.

Pelda Karma, juri dari perwakilan koramil menyampaikan, dalam lomba baris berbaris, ada beberapa kriteria penilaian untuk para peserta, yaitu keseragaman pakaian, kerapihan baris berbaris, kekompakan gerakan, kejelasan danton dalam memberikan aba-aba dan penilaian gerakan dari perorangan. "Rata-rata danton dan para peserta kurang menguasai materi," ujar Karma, kepada Radar Karawang, Senin (13/8).

Darmo Mulyadi, peserta dari Desa Sarimulya, mengaku senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Baginya keikutsertaan dalam lomba tersebut bukan untuk mendapatkan juara, melainkan untuk bisa baris berbaris. "Kalau saya mah bukan pengen juaranya tapi pengen bisa baris berbarisnya dan juga keseruannya," ujarnya.

Diding Haryadi, Kasi Trantib Kecamatan Kotabaru menyampaikan, selain untuk menjalin silaturahmi dan memeriahkan kemerdekaan, lomba baris berbaris juga bertujuan agar para linmas mengetahui dan memahami teknik baris berbaris. Untuk perlombaan baris berbaris, dari seminggu sebelum perlombaan pihaknya sudah mensosialisasikan kepada setiap desa. "Sudah diinformasikan seminggu sebelum perlombaan, sudah latihan juga sama babinsa dan babinkamtibmas desa masing-masing. Yaa lumayan lah turut memeriahkan saja kalau hadiah mah nggak seberapa," kata Diding.

Untuk tim penilainya, lanjut Diding, ia melibatkan Polsek dan Koramil sebagai juri dalam lomba tersebut. "Jurinya dari polsek 1 orang, koramil 1 orang dan pol pp 1 orang. Juara nya nanti diumumkan pas tanggal 17 setelah apel," tambahnya.

Masih disampaikan Diding, selain lomba baris berbaris, untuk linmas ada juga lomba tarik tambang dan beberapa perlombaan lain. Untuk tarik tambang tadinya lima orang peserta, berhubung ada beberapa kepala desa, babinsa dan babinkamtibmas yang ikutan maka peserta untuk taril tambang 7 orang setiap desanya. "Camat, kepala desa dan babinsa juga pada ikutan lomba tarik tambang. Kalau kades ngga semuanya, hanya beberapa yang hadir saja," pungkasnya.

Ditengah teriknya matahari siang itu, Karnalim, Kepala Desa Pangulah Baru terlihat sangat antusias dan bersemangat saat mengikuti lomba tarik tambang beserta dengan anggota linmasnya. "Saya sangat senang dengan adanya perlombaan ini. Harus ikut memeriahkan dan tetap menjaga semangat dalam memeriahkan hari kemerdekaan. Alhamdulillah Pangulah Baru jadi juara," ujarnya yang masih kelelahan usai ikut lomba tarik tambang. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template