Lingkungan Bersih Bisa Buat Pasien Cepat Sembuh - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lingkungan Bersih Bisa Buat Pasien Cepat Sembuh

Lingkungan Bersih Bisa Buat Pasien Cepat Sembuh

Written By Admin Raka on Selasa, 07 Agustus 2018 | 19.00.00

TELUKJAMBE, RAKA - Harus diakui membangun kesadaran untuk menciptakan kebersihan lingkungan rumah sakit hingga saat ini masih sulit. Seperti terjadi di halaman  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang, sampai sekarang masih saja ada pengunjung yang membuang sampah di sembarang tempat.

Seperti pantauan Radar Karawang sampah masih bertebaran di halaman depan parkir rumah sakit. Sementara petugas rumah sakit sudah dua kali melakukan pembersihan di halaman itu. "Padahal sudah jelas ada tempat sampah bahkan ada di beberapa tempat, tapi saya engga mengerti, kenapa buang sampah sembarangan," keluh Alan (33) petugas kebersihan rumah sakit dan mengaku sudah dua kali membersihkan sekitar area.

Kendati demikian, dirinya tetap melaksanakan tugasnya membersihkan area tersebut dari sampah. Ia berpesan kepada masyarakat yang datang ke rumah sakit agar mau perduli menjaga kebersihan. "Saya bukan petugas medis tapi saya pernah mendengar kalau kebersihan bisa mempercepat proses penyembuhan pasien," ucapnya.

Hal senada diungapkan Rahmadi, petugas Unit Rumah tangga RSUD. Dia menyesalkan prilaku tidak tertib yang diperlihatkan pengunjung rumah sakit membuang sampah makanannya sembarangan. Padahal, kata dia kebersihan merupakan kewajiban manusia, untuk saling menjaga dan mengingatkan.

Perlu dijelaskan, memang, masih banyak orang yang tidak mengetahui hubungan antara kebersihan lingkungan rumah sakit dan pengaruhnya terhadap kesehatan pasien, pengunjung, dan para tenaga medis di Rumah sakit. Orang masih banyak beranggapan kebersihan lingkungan dan kebersihan ruang-ruang di rumah sakit semata untuk tujuan estetika. Padahal kebersihan rumah sakit efektif mengurangi penyebaran infeksi di lingkungasn rumah sakit.

Hal itu yang menjadi dasar managemen Di Rumah sakit umum daerah (RSUD) Karawang terus menggenjot departemen yang didedikasikan menjaga kebersihan lingkungan rumah sakit untuk terus meningkatkan kinerjanya. Seperti membersihkan kamar pasien dan ruang perawatan pasien agar aman dari infeksi kuman. Unit yang dimotori Cleaning Service itu dibawah naungan Bagian Rumah tangga RSUD Karawang.

Para pekerja itu dilatih dan diberi wewenang untuk membersihkan lingkungan dan ruang-ruang di rumah sakit. Hukmas dan Promkes RSUD Karawang H. Ruhimin.SH, kepada Radar Karawang, sebuah tim yang berdedikasi pekerja jasa kebersihan lingkungan yang bertanggung jawab untuk membersihkan lingkungan, kamar pasien serta ruang-ruang di rumah sakit.

Tim itu hampir setiap hari dikerahkan di seluruh rumah sakit atas dasar kemampuan  yang melebihi dari rata-rata penjaga kebersihan profesional jasa cleaning service. Mereka mitra penting pengendalian infeksi yang membantu mengurangi penyebaran kuman berbahaya di rumah sakit. "Mereka menjaga kebersihan kamar pasien dan ruang-ruang di rumah sakit sesuai standar kebersihan rumah sakit," ucap Ruhimin. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template