Laut Cilamaya Bakal Dapat Kepala Kerbau Lagi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Laut Cilamaya Bakal Dapat Kepala Kerbau Lagi

Laut Cilamaya Bakal Dapat Kepala Kerbau Lagi

Written By Admin Raka on Rabu, 29 Agustus 2018 | 16.13.00

TEMPURAN, RAKA - Pesta laut serentak disejumlah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Karawang, kegiatan puncaknya direncanakan 23 September mendatang. Kegiatan itu sendiri akan dilangsungkan pada 15 September nanti.

Ketua Koperasi Produksi Perikanan Laut (KPPL) Samudera Mulya Ciparagejaya, Budianto SH mengatakan, kegiatan pesta laut tahunan ini diakuinya sudah ada jadwalnya, namun belum final sepenuhnya. Itu karena masih perlu evaluasi terkait perubahan. "Rencana, Minggu ini, semua anggota koperasi dan pengurus TPI berembug untuk membahas jadwal Larung laut yang pusatnya biasa digelar di Ciparagejaya tersebut," ujar Budianto, kemarin.

Budianto menambahkan, hanya saja, yang jelas, larung kepala kerbau dan dongdang akan dilaksanakan pada Minggu 23 September mendatang. Sementara jadwal lainnya masih diatur lebih lanjut, seperti lomba Voli 24 klub sejawa Barat, pagelaran seni hingga wayang kulit. "Masih kita evaluasi lagi, insyaallah minggu ini finas," ucapnya.

Sementara Ketua Rukun Nelayan (RN) Ciparagejaya, Miscu mengatakan, pesta laut di Karawang akan kembali digelar bulan depan seiring dengan rentetan HUT Karawang. Soal anggaran yang disebar dari berbagai TPI, diakui Miscu belum detail ia tahu, yang jelas sebutnya, untuk satu TPI itu membutuhkan anggaran untuk memeriahkan Larung dongdang ini diatas Rp 250 jutaan.

Sebab, jelas Miscu, selain pesta tahun, kegiatan yang akan dipusatkan di Ciparagejaya ini juga menjadi daya tarik wisata laut Karawang yang hanya ada setahun sekali. Untuk itu, mulai saat ini, para pengurus KPPL, nelayan dan TPI masih terus berembug menuntaskan agenda. Karena khusus Ciparagejaya, selain jadi pusat dan pelaksanaan seremonial bersama bupati, rentetannya juga cukup panjang mulai 15 September nanti yang diawali dengan turnamen voli, pengajian, pesta kembang api, adem ayem (drama), wayang kulit, tarlingan, lomba hias perahu dan segudang kegiatan lainnya. "Soal anggaran belum hafal berapa jatah setiap TPI tahun ini, yang jelas start mulai 15 September untuk Ciparagejaya," katanya.

Meskipun tergolong akan mewah, sambung Miscu, namun kegiatan pesta laut ini tidak melepas adat dan budaya tradisi para nelayan. Seperti iringan dongdang, sesajen, larung kepala kerbau dan wayang kulit. Itu semua, sebagai ungkapan rasa syukur para nelayan atas hasil limpahan tangkapan laut yang sudah dikaruniakan Allah SWT pada kehidupan nelayan.

Karenanya, ia berharap, pesta laut tahun ini bisa lebih meriah, sukses dan menjadi sorotan wisatawan luar Karawang, bahwa kearifan lokal di pesisir pantai masih begitu kental dilestarikan masyarakat nelayan. "Walaupun kesannya mewah nanti, tapi tidak menghindarkan adat dan tradisi yang sudah ada pada nelayan ini," pungkas Miscu. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template