Kursin Ketua Bawaslu Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kursin Ketua Bawaslu Karawang

Kursin Ketua Bawaslu Karawang

Written By Admin Raka on Sabtu, 18 Agustus 2018 | 12.12.00

KARAWANG, RAKA - Lembaga Pengawas Pemilu yang dulu adhoc di Kabupaten Karawang, kini sudah berganti wujud menjadi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Setelah dilantik awal pekan lalu, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Karawang langsung melakukan rapat Pleno Pada Kamis (16/8). Salah satu agendanya, menentukan pimpinan lembaga tersebut. Termasuk pembagian divisi.

Anggota Bawaslu Kabupaten Karawang Roni Rubiat Machri mengatakan, sesuai hasil pleno, Kursin Kurniawan menempati kursi ketua lembaga baru itu. Bahkan rencananya, Rabu (22/8) mendatang akan dilantik.

Roni juga menjelaskan, jika sebelumnya untuk tingkat kabupaten/kota namanya Panwaslu yang sifatnya ad hoc, namun sekarang menjadi Bawaslu kabupaten/kota sifatnya permanen dengan masa tugas periodiknya lima tahun.

Sebelum berubah menjadi lembaga permanen, Panwaslu diisi oleh tiga orang pimpinan. Setelah menjadi Bawaslu, jumlah pimpinannya 5 orang yang dipilih melalui seleksi dan ditetapkan oleh Bawaslu RI. "Ketua merangkap anggota, artinya mempunyai hak, kewajiban dan tanggungjawab yang sama. Pembagian divisi hanya untuk pembagian tugas agar seluruh tugas yang diamanahkan dapat dijalankan dan dipertanggungjawabkan bersama," kata Roni yang menempati Divisi Penindakan Pelanggaran, Jumat (17/8), dihubungi lewat pesan singkat.

Pimpinan Bawaslu Karawang, kini ditempati Kursin Kurniawan, Suryana Hadi Wijaya, Syarif Hidayat, Roni Rubiat Machri dan Charles Silalahi.

Ditanya terkait beredarnya alat peraga kampanya yang saat ini bermunculan dari bakal caleg, Roni mengatakan, saat ini belum masuk masa kampanye, karena belum ditetapkan sebagai calon. "Yang terpasang sekarang itu APS kewenangannya ada di Perda K3, sementara yang dapat menggagalkan bakal calon menjadi calon itu adalah proses seleksi di KPU," katanya.

Menurut dia, kalau masih bakal calon belum dapat ditindak. "Yang dapat ditindak itu setelah ditetapkan sebagai calon dan pelaksanaan kampanye itu 3 hari setelah ditetapkan sampai dimulainya masa tenang. Kalau yang ada itu sifatnya sosialisasi," terangnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template