Kuota Program Sehari Jadi Cuma 150 Dokumen - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kuota Program Sehari Jadi Cuma 150 Dokumen

Kuota Program Sehari Jadi Cuma 150 Dokumen

Written By Admin Raka on Selasa, 28 Agustus 2018 | 18.50.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) tidak menampik jika pelayanan kependudukan seperti akta kelahiran, perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, dan Kartu Keluarga (KK) bisa dilakukan ditingkat kecamatan. Namun masyarakat diminta bersabar karena harus melalui proses selama dua hari.

Kasi Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcatpil Abdul Majid SH menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Senin (27/8). "Pembuatan dokumen kependudukan ditiap kecamatan memang ada, baik kartu keluarga, KTP maupun akta kelahiran, namun proses pencetakannya adanya tetapi di dinas," ujar Majid di ruang kerjanya.

Dijelaskan Majid, pelayanan pembuatan dokumen kependudukan di tingkat kecamatan dilakukan petugas entri Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Sebetulnya itu sudah lama berlangsung. Hanya saja masyarakat kurang memahami keberadaan dan fungsi mereka. "Petugas entri SIAK dan perekam KTP itu nantinya datang ke dinas jadi tidak harus masyarakat yang ke dinas," ujar Majid.

Masih dijelaskan, untuk proses pencetakan dokumen memang belum bisa dilakukan di tingkat kecamatan karena belum memiliki alatnya. Untuk itulah dokumen-dokumen yang diajukan dibawa petugas SIAK ke dinas untuk dilakukan pencetakan. "Percetakan tetap disini, petugas dari kecamatan setiap dua hari sekali datang kesini untuk melakukan pencetakan," ujarnya.

Masih dijelaskan Majid, untuk bisa mendapat dokumen seperti KK, KTP-elektronik dan akta kelahiran, masyarakat bisa langsung menerima satu hari jadi, namun yang perlu diingat adalah keterbataan dokumen yang disediakan Disdukcatpil dalam seharinya. "Kita sudah punya pelayanan satu hari jadi, cuman masyarakat harus pagi, agar kebagian antrean karena kuota kita untuk mengeluarkan dokumen terbatas 1 hari itu mencapai 100 sampai 150 saja," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template