Krisis Air Bersih Mau Dilaporkan ke Bupati - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Krisis Air Bersih Mau Dilaporkan ke Bupati

Krisis Air Bersih Mau Dilaporkan ke Bupati

Written By Admin Raka on Rabu, 08 Agustus 2018 | 16.00.00

KARAWANG, RAKA - Selain krisis air bersih tiga persoalan krusial lain yang jadi temuan mahasiswa Universitas Buana Perjuanagn (UBP) Karawang selama melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah masalah sampah dan pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Temuan yang didapat dari empat kecamatan di wilayah kabupaten ini secepatnya akan dilaporkan kepada bupati.

Rektor UBP Dr Dedi Mulyadi SE MM menyampaikan itu kepada Radar Karawang, baru-baru ini. Namun dia juga menambahkan jika saat ini sudah mendapatkan solusi untuk penganan tiga persoalan tersebut. "Sampah masih persoalaan krusial selain krisis air bersih. Tetapi kita sudah punya cara penanganannya termasuk mengembangkan UKM," ujar Dedi, kemarin.

Ditambahkan Dedi, dari total 845 mahasiswa UBP yang terbagi dari 10 program studi itu, ditempatkan di empat kecamatan, mulai dari Telukjambe Timur, Telukjambe Barat, Ciampel dan Kecamatan Pangkalan. "Kami bangga dengan mahasiswa karena karya mereka sangat bermanfaat bagi warga disana," ujarnya.

Disampaikan Dedi, karya yang telah dilakukan mahasiwa diantaranya memberikan solusi mengenai masalah sampah, dimana mahasiswa telah mengadakan alat pembakaran bagi lingkungan. Untuk air bersih mahasiswa membuatkan alat yang dapat memfilter air kotor menjadi bersih. Sedang masalah UKM yang  jadi persoalan pemasarannya dan mahasiswa telah memberikan masukan jika produk yang dikelola dapat dikemas dengan baik, sehingga memiliki daya jual yang tinggi.

"Lokakarya bukanlah yang terakhir tetapi kami akan buat laporan temuan di lapangan untuk memberikan solusi bagi yang belum mendapatkannya. Kami akan laporkan ke pemerintah, sehingga temuan ini menjadi hal terbaik untuk Karawang kedepannya," terangnya.

Bahkan lanjut Dedi, dengan beragam karya mahasiswanya yang melakukan KKN dan memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat itu merupakan pembelajaran untuk mereka kedepan bisa menjadi lebih baik lagi. "KKN ini semoga menjadi pembelajaran bagi mahasiwa yang akan menjadi bagian dari masyarakat. Kita berharap kedepannya mereka akan jadi pemimpin. Maka ketika menjadi seorang pemimpin wajib hukumnya untuk mengetahui kondisi masyarakat dibawah," terangnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template