KKN Mahasiswa Unsika Berakhir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » KKN Mahasiswa Unsika Berakhir

KKN Mahasiswa Unsika Berakhir

Written By Admin Raka on Rabu, 29 Agustus 2018 | 16.11.00

KUTAWALUYA, RAKA - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terbuka 1 Kutawulaya, Selasa (28/8) pagi kemarin terlihat meriah, karena diisi dengan berbagai penampilan kreasi seni siswa sekolah tersebut.

"Dalam kegiatan perpisahan ini, diisi dengan dance modern, drama, pidato Bahasa Inggris dan pembacaan ayat suci Alquran yang ditampilkan oleh siswa SMP Terbuka 1 Kutawaluya," ucap Riga Ananto Koodinator KKN Unsika Desa Kutakarya, Kecamatan Kutawaluya, kepada Radar Karawang.
Dia menyampaikan, selama mengikuti KKN selama 3 Minggu di wilayah tersebut, banyak pengalaman dan ilmu baru yang didapatkan. Untuk memotivasi minat dan bakat serta meningkatkan kreatifitas siswa dan siswi SMP Terbuka 1 Kutawaluya, pihaknya membuat formulasi khusus dalam.metode pembelajaran. "Kebanyakan orang menilai bahwa SMP Terbuka itu suka dipandang sebelah mata. Kita di sini akan menunjukan bahwasanya SMP Terbuka dapat bersaing dengan sekolah negeri lainnya," ungkapnya.

Dia berharap, peserta didik SMPN Terbuka 1 Kutawaluya dapat mencerna ilmu diberikan oleh para mahasiswa KKN Unsika, agar lebih percaya diri dan mampu untuk terus maju serta berkembang dalam ilmu pelajaran, sehingga dapat meningkatkan kualitasnya. "Semoga ilmu yang aku dapatkan bisa bermanfaat untuk adek-adek siswa sekolah ini," ucapnya.

Selama melaksanakan KKN di Desa Kutakarya, lanjut Riga, mahasiswa telah menjalankan sejumlah program, diantaranya di bidang ekonomi, mahasiswa menyediakan pemasaran susu kedelai dan menjembatani potensi desa ke Dinas UMKM. "Terus di bidang lingkungan kami juga membuat plang disetiap dusun, renovasi jembatan penyebrangan irigasi, menyumbang 200 bibit pohon buah dan lindung. Di bidang kesehatan, kami mengikuti kegiatan di posyandu, senam jantung sehat, sosialisasi cuci tangan dan sikat gigi serta suntik bias," tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMPN Terbuka 1 Kutawaluya Aan Rojanah mengatakan, dengan adanya kerja sama yang baik antar sekolah dan mahasiswa Unsika, dapat membantu dalam proses kegiatan belajar di sekolah. "Kami merasa tebantu dengan keberadaan para mahasiswa KKN Unsika, siswa dan siswi kami menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah, yang lebih membanggakan lagi anak-anak didik dari SMPN Terbuka 1 Kutawaluya berhasil juara 1 se-Kabupaten Karawang dalam lomba motivasi belajar mandiri yang spesifikasinya adalah cerdas cermat dan mewakili Karawang ke tingkat provinsi," katanya.

Dia berharap, meski telah usai mendharma baktikan ilmunya di sekolahnya, para mahasiswa KKN Unsika tidak usah segan untuk datang ke sekolahnya. "Saya harap, mereka bisa kembali lagi untuk memberikan ilmunya kepada para peserta didik sekolah ini," harapnya. (acu)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template