Kekerasan pada Anak Jadi Sorotan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kekerasan pada Anak Jadi Sorotan

Kekerasan pada Anak Jadi Sorotan

Written By Admin Raka on Jumat, 17 Agustus 2018 | 12.00.00

RAWAMERTA, RAKA- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak (DP3A) Karawang, membentuk 15 forum anak di tiap kecamatan, Rabu (15/8) kemarin,  di Kecamatan Rawamerta. Forum anak ini nantinya konsen dalam memperjuangkan hak anak dan menjaganya dari berbagai tindak kekerasan secara fisik, psikis ataupun seksual.

Saat pembentukan forum anak ke-15 di aula Kecamatan Rawamerta, sekitar 30 perwakilan siswa SMP dan SMA se- Kecamatan Rawamerta diundang untuk menjadi pelopor dan pelindung anak dari berbagai macam kekerasan yang sering kali menimpa diusia rentan. Pasalnya, forum ini tak bisa dianggap enteng, karena forum anak ini merupakan wadah partisipasi, tempat berorganisasi dan jembatan bagi anak-anak menuju pemerintah dalam menyampaikan keinginan dan hak mereka sebagai anak-anak. "Mereka yang ikut aktif, akan menjadi pelopor dan pelindung anak lainnya," ujar pendamping forum anak, Ismawati S.Pd kepada Radar Karawang, Rabu (15/8) kemarin.

Lebih lanjutnya, selain menjadi pelopor atau menjadi contoh figur di sekeliling, forum anak ini menuntun pengurusnya agar menjadi pelapor. Yaitu, anak yang dapat memperjuangkan hak anak-anak ketika melihat dan mengalami tindakan kekerasan. "Harus berkaitan antara pelapor dan pelopor (P2). Karena kebanyakan mereka gak tau harus melapor kemana. Makanya saat ini kita siapkan wadah untuk mereka," ucap perempuan yang berdinas di DP3A itu.

Adapun cara penanganan anak yang terlanjur mendapatkan tindakan kekerasan, disesuaikan dengan seberapa parah mengalami kekerasan tersebut. "Misalkan kena bully, tergantung korbannya seperti apa. Terus kalau misalkan luka fisik kita larikan ke RSU, adapun psikis kita ada tim psikologi. Dan pelakunya ditindak secara hukum," katanya.

Sementara salah satu fasilitator dari kampus STMIK Pamitran Karawang, Yan Farid, sejak masih sekolah ia ikut dalam forum anak ini. Tujuannya, untuk lebih peduli terhadap anak-anak. "Di organisasi ini saya pribadi bisa lebih tau hak anak, dan selebihnya memberikan pemahaman kepada mereka untuk tidak ikut tawuran narkoba, meroko, dan lainnya," katanya.

Adapun anak-anak mempunyai beberapa hak, seperti hak hidup layak, hak tumbuh kembang, dan hak perlindungan. Hak hidup layak yaitu memiliki akta dan identitas diri. Hak tumbuh kembang sesuai dengan potensi, pendidikan. Sedangkan hak perlindugan yaitu dapat perlindungan dari pemerintah dan hukum. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template