Kebutuhan Hidup Mendesak, Kakek Tua Tetap Bekerja - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kebutuhan Hidup Mendesak, Kakek Tua Tetap Bekerja

Kebutuhan Hidup Mendesak, Kakek Tua Tetap Bekerja

Written By Admin Raka on Jumat, 24 Agustus 2018 | 17.15.00

RENGASDENGKLOK, RAKA- Kebutuhan yang mendesak agar dapat menyambung hidup, menjadi alasan kakek tua renta, Darsum (70) untuk terus bergelut dengan keringatnya. Sejak tahun 1970 hingga sekarang, menjadi seorang pengayuh becak menjadi satu-satunya usaha yang dapat ia lakukan.

Warga Desa Dukuhkarya, Kecamatan Rengasdengklok ini terpaksa membanting tulang dengan hanya mengayuh becak, dengan alasan tidak lagi memiliki keahlian lain yang dapat digunakan untuk mencari uang. "Ada penumpang saya tarik, kalau gak ada paling saya mulung. Yang penting bisa melanjutkan hidup saya,” ujar kakek tua ini kepada Radar Karawang.

Menurutnya, alasan utama yang memaksa ia hingga usia senja seperti ini masih bergelut dengan keringat di jalanan, yaitu kurangnya pendidikan sejak kecil. Terlebih, ia sendiri mengaku tidak mempnyai keahlian lain. “Ya mau gimana lagi, yang penting saya dapat makan dan usaha halal,” ujarnya.

Di katakan Darsum yang sudah tidak beristri karena telah meninggal tersebut, penghasilan yang ia dapatkan dari mengayuh becak setiap hari berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 30  ribu. 2 kali istirahat dan pulang ke rumah,  hasil usahanya ia gunakan untuk kebutuhan makan sehari-hari. “Sekarang saja belum dapat penglaris tarikan, di selang mulung aja,” ucapnya.

Setiap  hari, Darsum yang sering mangkal di Gang Proklamasi ini juga mesti bersaing dengan kurang lebih 200 tukang becak lainnya di Rengasdengklok. Karena di lingkungan pasar, cukup banyak juga saingan yang harus ia lawan. Tak muluk-muluk, setiap hari bisa mencukupi kebutuhan makannya saja ia mengaku senang. Karena, keterbatasan tenaga dan usianya menjadi salahsatu hambatan untuknya mendapatkan hasil lebih. “Sedikit juga yang penting halal,” pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template