Karang Taruna Diusulkan untuk Kelola Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Karang Taruna Diusulkan untuk Kelola Sampah

Karang Taruna Diusulkan untuk Kelola Sampah

Written By Admin Raka on Sabtu, 25 Agustus 2018 | 13.30.00

TEGALWARU, RAKA - Sampai sekarang Pemerintah Kecamatan Tegalwaru masih kebingungan mencari cara mengatasi masalah sampah di wilayahnya. Apalagi di kecamatan itu hingga kini belum ada lokasi resmi tempat pembuangan sampahnya. Selain Tegalwaru Kecamatan Telukjambe Timur pun mengalami persoalan serupa.

Karenanya, guna mengentaskan masalah sampah di wilayah masing-masing kedua pemerintah kecamatan itu berharap pemerintah daerah membuatkan mereka Tempat Pembuangan Sampah. "Kami merasa kesal kenapa belum ada upaya nyata dari pemerintah, baik kabupaten maupun kecamatan untuk membersihkan timbunan sampah di pinggir jalan. Padahal dari lokasi itu sering menebarkan bau busuk," ungkap tokoh Masyarakat Desa Mekarbuana Budi Darmawan, belum lama ini. Bahkan Budi menyarankan agar pemerintah menggandeng karang taruna untuk mengatasi persoalan sampah.

Hal sama juga diungkapkan anggota BPD Desa Mekarbuana, Semid, persoalan sampah memang menjadi masalah pelik khususnya di Desa Mekarbuana. Dirinya pun mengaku sudah melakukan musyawarah dengan Kepala Desa Mekarbuana agar bisa dilakukan kerja bakti. Apalagi sampah ini merupakan penyebab potensial menghambat aliran air yang amat dibutuhkan petani.

Sementara di Kecamatan Telukjambe Timur warganya juga mengeluhkan hal serupa. Mereka warga sampai saat ini kesadaran sebagian masyarakat membuang sampah di tempatnya masih rendah. Itu bisa dibuktikan dari tumpukan sampah di pinggir-pinggir jalan.  Meski sudah jelas tertulis spanduk larangan buang sampah di lokasi tetapi tetap saja sampah dibuang disitu.

"Saya setiap hari membakar sampah disini supaya tidak menebarkan bau busuk. Saya prihatin, kesadaran masyarakat sampai sekarang masih rendah. Padahal kalau bau kan yang merasan mereka-mereka juga," ucap Benny (43) pengurus ruko tidak jauh dari lokasi pembuangan sampah liar. Benny menyebutkan jenis-jenis sampah yang sering terlihat di sekitar lokasi seperti buah jeruk atau buah naga yang buahnya busuk dibuang di tempat itu.

Hal senada ditegaskan Sekdes Sirnabaya Deni Rukmana SE, sampah selalu menjadi persoalan rumit dalam masyarakat yang kurang memiliki kepekaan terhadap lingkungan. Ketidakdisiplinan mengenai kebersihan dapat menciptakan suasana yang tidak menyenangkan akibat timbunan sampah. Menurut dia, kondisi seperti itu akan memunculkan bau tidak sedap dan bisa menjadi sumber penyakit. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template