Kalau Bawa Muatan Melebihi Tonase Jangan Masuk Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kalau Bawa Muatan Melebihi Tonase Jangan Masuk Karawang

Kalau Bawa Muatan Melebihi Tonase Jangan Masuk Karawang

Written By Admin Raka on Jumat, 03 Agustus 2018 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Peringatan Dinas Perhubungan (Dishub) soal tindakan tegasnya menertibkan kendaraan yang mengangkut muatan melebihi tonase, ternyata tidak main-mainnya. Kemarin (2/8) sebanyak 263 kendaraan kelebihan berhasil dijaring, Dari jumlah tersebut 116 diantaranya langsung dilakukan penilangan. 

Kepala Dishub Karawang Arief Bijaksana Maryugo menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Kamis (2/8) melalui pesan singkat. Kegiatan yang dipusatkan di Rest Area KM 59 itu merupakan tindak lanjut peringat Dishub yang akan menertibkan kendaraan-kendaraan bermuatan melebih tonase yang memasuki wilayah perkotaan Karawang. "Kita sudah melakukan penertiban kendaraan kelebihan tonase di KM 59 dan mendapatkan 263 kendaraan," ucap Arief via pesan singkatnya melalui ponsel.

Sebanyak 263 kendaraan yang terjaring itu, sebut Arief merupakan hasil penertiban sebelama tiga hari. Sementara dari jumlah tersebut sebanyak 116 kendaraan langsung ditilang. "Sebanyak 116 kendaraan ditilang dan yang menilang pihak kepolisian," ucap Arief yang mengatakan penertiban itu dilakukan pihaknya bekerjasama dengan pihak kepolisian Karawang.

Arief sendiri mengatakan penertiban yang dilakukan akan menjadi agenda dinasnya yang akan terus dilakukan bersama jajaran kepolisian. Hal itu dianggap perlu sebagai tindakan tegas kepada para sopir yang tidak taat pada aturan lalulintas. "Kita akan cari waktu lagi untuk melakukan tindakan tegas ini. Kita berharap tindakan ini bisa menjadi efek jera bagi para sopir agar tidak lagi memuat barang di kendaraannya melebihi tonase," tandas Arief. 

Disampaikan Arief juga, pihaknya juga tidak menampik jika dengan maraknya kendaraan yang melintasi Jalan di Karawang itu selalu bermuatan lebih dari ketentuan. Karenanya, kebiasaan buruk itu harus dikikis. Makanya, sebut, Arief kegiatan penertiban berikutnyapun akan dilakukan tidak lama lagi, sebagai penindakan lanjutan. "Pastinya, operasi ini khusus kepada kendaraan yang overload muatan bukan operasi kelas jalan, namun kita akan sesuaikan waktunya lagi untuk kedepan," paparnya.

Adapun klasifikasi kendaraan yang melebihi muatan atau tidak itu tergantung dari jenis kendaraan yang digunakan para pengemudi. "Ukuran kelebihan muatannya tergantung jenis kendaraanya. Misalnya truk biasa tonasenya maksimal 8 ton tetapi memuat lebih dari 8 ton, ya kena tilang. Atau kendaraan tronton tonase misalnya 40 ton tetapi melebihi beratnya saat diperiksa dikenakan tilang juga," paparnya.

Arief menyarankan agar baik warga Karawang maupun para pengusaha yang ada di Karawang untuk tidak memuatkan barang yang dibawa, selain akan mendapat tindakan tegas sudah dipastikan perbuatan tersebut akan berdampak terhadap jalan yanag ada di Karawang. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template