Kader Partai Bicara Rambu Lalin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kader Partai Bicara Rambu Lalin

Kader Partai Bicara Rambu Lalin

Written By Admin Raka on Kamis, 02 Agustus 2018 | 16.30.00

KARAWANG, RAKA - Seringnya terjadi peristiwa kecelakaan di Jalan Baru, persis di Bunderan Charles dan Tanjungpura, tak pelak mengundang kritisi berbagai kalangan. Setelah elemen masyarakat yang menginginkan di dua benderan itu bebas truk mangkal, giliran kader partai ikut bicara. Meski masih senada, namun baik polisi maupun Dinas Perhubungan didesak supaya membersihkan bukan cuma di dua bunderan itu, tetapi juga sepanjang jalur lingkar Tanjungpura-Karawang Timur itu dari aksi parkir liar.

"Bunderan Charles dan bunderan Tanjungpura itu memang rawan kecelakaan. Mestinya itu sudah menjadi evaluasi pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk mensterilkan dua titik itu dari kendaraan-kenderaan berat jenis truk dan tronton juga bus. Dan itu bisa dilakukan baik melalui patroli dialogis maupun tindakan tegas penilangan dan penderekan," tandas kader Partai Perindo Tine Halimah, Rabu (1/8).

Tine yang saat ini mencalonkan diri sebagai calon DPRD Provinsi Jawa Barat Daerah Pilihan (Dapil 10) Karawang dan Purwakarta, dari Partai Perindo, mendesak supaya kepolisian meningkatkan patrolinya. "Barangkali itu ya, mesti ada tindakan tegas dari petugas seperti yang dilakukan terhadap sejumlah truk dalam tiga hari terakhir, beberapa truk bannya digembosi malah kabarnya ada yang ditarik ke polres karena surat-suratnya tidak lengkap. Tetapi akan lebih elok kalau tindakan tegas itu dilakukan secara rutin, bukan cuma kegiatan tiga hari lantas hilang," ucapnya.

Untuk itu Tine juga menyarankan supaya tindakan tegas itupun dilanjutkan dengan patroli-patroli dialogis dimana petugas memberi pencerahan kepada sopir-sopir bandel yang tetap memarkir kendaraannya di Bunderan Cherles dan Tanjungpuran. "Itu sopir-sopir bandelnya diperingatkan, dikasih pencerahan kalau parkir di pingir jalan itu dilarang," tandasnya.

Sementara untuk Dishub, masih dilanjutkan Tine, dia menyarankan supaya membuat rambu-rambu lalulintas peringatan bahaya dalam jarak tertentu. Bila perlu lengkap menginformasikan ruas-ruas rawan kecelakaan di sepanjang Jalan Baru. "Idealnya rambu-rambu itu dipasang begitu masuk lampu merah Jalan Baru. Sehingga pengendara langsung tahu mana ruas berbahaya dan mana yang tidak," terang Tine, apalagi kebanyak yang melintas di Jalan Baru juga orang luar Karawang yang belum hapal kondisi jalannya.

Sebelumnya Kasatlantas AKP Arman Sahti mengatakan akan meningkatkan patroli disepanjang Jalan Lingkar Tanjungpura-Karawang Timur. Hal itu dilakukan untuk membersihkan sepanjang jalan yang juga disebut Jalan Baru itu dari kendaraan-kendaraan yang parkir di pinggir jalan, terutama di ruas-ruas yang ada bunderannya. Kendaraan yang biasa parkir dipingir jalan itu bus dan truk. Bahkan terang kasat, patroli juga akan dilakukan di bunderan-bunderan rawan laka lain seperti Bunderan Klari, Purwasari dan Interchange Karawang Barat.

Sementara Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Poltak Lumban Toruan juga mengatakan dinasnya masih melakukan sosialisasi terhadap para pengendara yang parkir liar di pinggir jalan secara sembarangan. Setelah sosialisasi itu nantinya dalam waktu satu minggu kedepan jika masih ada yang nekat tetap parkir akan ditindak tegas dengan menggembosi dan menderek kendaraannya secara paksa. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template