Kader Jemantik Memburu Nyamuk Demam Berdarah di Pinayungan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kader Jemantik Memburu Nyamuk Demam Berdarah di Pinayungan

Kader Jemantik Memburu Nyamuk Demam Berdarah di Pinayungan

Written By Admin Raka on Sabtu, 04 Agustus 2018 | 13.30.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Musim pancaroba menjadi puncak perkembangan penyakit demam berdarah. Untuk itu Puskesmas Telukjambe Timur bekerjasama kader jematik kembali menggiatkan antisipasi pemberantasan sarang nyamuk Aedes Aegypti si pembawa virus demam berdarah.

Upaya yang dilakukan puskesmas selain penyuluhan 3 M yakni menguras, menutup dan mengubur barang-barang bekas juga melalui pengasapan atau fogging. Seperti dilakukan Jumat (3/8) petugas jumantik melakukan pemoggingan di Desa Pinayungan, Kecamatan Telukjambe Timur. "Pemoggingan dilakukan di semua rumah, termasuk drainase dan tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk. Kecuali rumah warga yang memang minta agar tidak dilakukan fogging,” kata Staf Puskesmas Telukjambe Timur Ahmad SKM.

Dikatakan Ahmad kegiatan itu dimaksudkan untuk menekan berkembangnya nyamuk-nyamuk virus demam berdarah. Harapannya dengan di fogging nyamuk pembawa DBD bisa dibasmi sampai ke akar-akarnya, dan memutus mata rantai perkembangbiakan jentik-jentik nyamuknya. Hanya dengan cara demikian, sebut Ahmad, lingkunga bisa terbebas dari ancaman DBD.

Menurut Ahmad persoalan yang ditemukan tim nya di lingkungan wilayah kecamatan Telukjambe timur adalah banyaknya tumpukan sampah serta genangan air yang tidak meresap ke dalam tanah. Kondisi ini, kata Ahmad memungkinkan berkembang pesatnya nyamuk penyebar penyakit demam berdarah. “Kami mengharapkan peran aktif masyarakat juga kader Jemantik untuk menjaga kebersihan lingkungan dan semakin menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat itu misalnya mencuci pakaian-pakaian kotor sehingga tidak dibiarkan bergantungan di kamar mandi, istirahat dan olahraga teratur, serta mengonsumsi makanan dan minuman yang bersih dan bergizi,” tegasnya.

Ahmad Barokah (38) warga Desa Pinayungan menyampaikan, sebagai bentuk dukungan  warga akan lebih menggiatkan lagi program pembersihan lingkungan dan rumah. Hal yang pertama-tama akan dilakukan adalah dan di benahi adalah sampah-sampah yang masih tertumpuk pada beberapa titik di wilayah Kecamatan Telukjambe Timur. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template