Industri Bukan Satu-satunya Lapangan Pekerjaan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Industri Bukan Satu-satunya Lapangan Pekerjaan

Industri Bukan Satu-satunya Lapangan Pekerjaan

Written By Admin Raka on Selasa, 28 Agustus 2018 | 19.00.00

KARAWANG, RAKA - Sudah saatnya masyarakat Karawang mengubah pandangan bahwa kawasan industri satu-satunya tempat untuk bekerja. Sebaliknya menciptakan lapangan pekerjaan berbasis ekonomi kreatif dengan mengoptimalkan potensi lokal menjadi tawaran lapangan pekerjaan baru.

Hal itu diungkapkan Pemerhati Masalah Ketenagakerjaan Iwan Ridwan, belum lama ini, melalui surat elektroniknya. Menurut dia, jika itu dilakukan maka sinergi pembangunan akan berhasil, karena mampu menyelaraskan potensi lokal dan pesatnya pembangunan industri. "Hal terpenting adalah mengubah pandangan 'mendewakan industri' dan mengubahnya dengan pandangan industri bukan satu-satunya lapangan pekerjaan yang harus dimasuki," ucapnya.

Menurut Iwan membludaknya pabrik-pabrik industri sekarang ini harus diikuti membludaknya wadah-wadah ekonomi kreatif berbasis potensi lokal yang ada di Karawang. Jangan sampai pembangunan hanya berpatok pada perluasan industri pabrik, tanpa pendalaman jati diri Karawang yang kaya akan budaya dan sumber daya alam. Untuk itu, Iwan mengajak untuk berkaca kepada struktur perekonomian Karawang.

"Data BPS menyebutkan data lapangan Usaha di Karawang 2012-2014 menyebutkan bahwa pertanian, kehutanan dan perikanan hanya menyumbang 4,16 persen. Angka ini jauh dibanding Industri Pengolahan yang mencapai 70,99 persen," ucap Iwan.

Selain itu, terang Iwan, guna meningkatkan sinergitas pembangunan, fungsikan kembali ruang terbuka hijau (RTH) serta lindungi warisan budaya seperti candi dan artefak untuk mengedukasi warga dan penyelenggaraan kegiatan positif. Hal ini berguna untuk memperkuat harmonisasi antara pemerintah dan masyarakat, antara pemimpin dan rakyatnya. Program ini dapat didukung dengan peran aktivis masyarakat, seniman, budayawan, serta para mahasiswa sebagai agen perubahan menuju masyarakat yang sadar akan budaya dan jati dirinya. "Kendati demikian, tutur Iwan, hal-hal tersebut harus didukung kesadaran masyarakat sebagai warga Karawang untuk membantun daerahnya," tandas Iwan. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template