Hewan Kurban Layak Potong Diberi Tanda - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hewan Kurban Layak Potong Diberi Tanda

Hewan Kurban Layak Potong Diberi Tanda

Written By Admin Raka on Selasa, 07 Agustus 2018 | 14.15.00

CIKAMPEK, RAKA- Jelang Hari Raya Idul Adha, sudah banyak pedagang hewan kurban musiman berjualan, baik dipinggir jalan ataupun di perkampungan. Guna mengantisipasi adanya hewan kurban tak layak konsumsi, Dinas Pertanian Kabupaten Karawang mulai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Hewan yang memenuhi syarat kesehatan akan diberikan tanda berupa kalung yang melingkar di leher hewan kurban.

Kepala Dinas Pertanian Hanafi, mengatakan, pihaknya mewaspadai adanya hewan kurban yang membawa penyakit."Pemberian kalung di leher hewan untuk membantu masyarakat mendapatkan hewan kurban yang benar-benar sehat. Kami mewaspadai penyakit menular seperti antraks," katanya, Senin (6/8).

Menurut Hanafi, penyakit antraks yang diakibatkan bakteri bacillus anthtracis dan spora ini, tidak ditularkan melalui kontak langsung dengan hewan kurban, tapi bisa melalui vektor lalat pengisap darah seperti tabanus SP yang mengandung bacillus anthracis. "Penularan pada hewan hanya terjadi pada hewan herbivora seperti sapi, kerbau, kambing, domba, kuda, serta burung unta," ujar Hanafi.

Diteruskannya, hewan herbivora yang menderita penyakit antraks akut biasanya mati mendadak akibat pendarahan di otak. Hewan yang memiliki gejala klinis akut seperti demam. Misalnya, kuda mencapai 41,5 derajat celsius dan sapi 42 derajat celsius. "Biasanya hewan akan gelisah, depresi, sesak napas, pembengkakan pada leher, dada, isi perut, pinggang, dan kelamin keluar serta keluar darah kehitaman encer dari lubang tubuh dan kematiannya pada jangka waktu satu sampai tiga hari," paparnya.

Hanafi mengimbau agar masyarakat yang ingin membeli hewan untuk kurban memilih hewan yang sudah mendapat kalung di lehernya. Kalung tersebut memastikan bahwa hewan itu sudah menjalani proses pemeriksaan kesehatan hewan oleh tim dari dinas kesehatan. "Biar aman sebaiknya hewan yang akan dibeli sudah memiliki kalung di lehernya," ujarnya. (asy)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template