Hewan Kurban Diperiksa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hewan Kurban Diperiksa

Hewan Kurban Diperiksa

Written By Admin Raka on Senin, 20 Agustus 2018 | 15.15.00

CIKAMPEK, RAKA - Menjelang Hari Raya Idul Adha, UPTD Pengelolaan Pertanian Cikampek melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di beberapa tempat penjualan hewan kurban yang ada di Cikampek. Hal itu dilakukan agar tidak ada hewan kurban yang tidak layak diperjual belikan dipajang oleh para penjual, Minggu (19/8).

Tatang Sotiwa, penyuluh pertanian Cikampek menyampaikan, kegiatan pemeriksaan tersebut dilakukan agar para pedagang menjual hewan kurban yang sesuai dengan standar kesehatan dan ketentuan syarat kurban. Selain itu, pemeriksaan tersebut juga dimaksudkan untuk menghindari penyakit antrak yang ada pada hewan. "Tujuannya agar hewan yang dijual oleh pedagang adalah hewan yang sehat dan layak dijadikan sebagai hewan kurban," katanya kepada Radar Karawang.
Menurutnya, hewan yang dipasarkan oleh para penjual harus merupakan hewan yang sehat, dan tidak cacat. Kesehatan hewan bisa dilihat dari mata yang jernih, cermin hidung yang tidak basah, lubang mulut, telinga, mata dan hidung bersih. "Kalau yang terindikasi penyakit, biasanya lubang hidung mengeluarkan darah hitam," ujarnya.

Selain dari klasifikasi tadi, lanjut Tatang, hewan kurban yang dijual juga harus merupakan hewan yang tidak cacat dan harus yang sudah cukup umur. "Untuk sapi harus di atas usia 2 tahun ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap. Untuk domba harus yang di atas usia 1 tahun ditandai dengan tumbuhnya gigi tetap," tambahnya.

Setelah pemeriksaan dilakukan, hewan tersebut dipakaikan kalung yang bertuliskan hewan sehat. Hal itu dilakukan agar para pembeli merasa yakin bahwa hewan yang hendak dibelinya merupakan hewan sehat yang layak dijadikan hewan kurban. "Setelah diperiksa kami kasih kalung, pertanda bahwa hewan itu sehat," pungkasnya.

H. Nana, salah seorang penjual hewan kurban di Kampung Sentul Barat mengatakan, semua hewan yang ia jual, baik sapi ataupun domba sudah diperiksa oleh petugas. Semua hewan yang dijual merupakan hewan yang sehat dan layak untuk dijadikan hewan kurban. "Tadi sudah diperiksa sama dinas dan sudah dikalungi semua," ujarnya.

Pedagang lain, Amung juga mengatakan hal sama. Hewan kurban yang ia jajakan dipinggir jalan itu sudah diperiksa dan dinyatakan sehat oleh petugas yang membidangi itu. Menurutnya, walau tanpa ada pemeriksaan dari dinas, ia selalu menjual hewan kurban yang sehat dan sesuai ketentuan kurban. "Pasti yang sehat, karena kan kita juga tidak mau membuat pembeli kecewa. Apalagi ini untuk kurban. Nggak mungkin kita jual yang di bawah umur atau domba yang pincang," ujarnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template