Hewan Kurban Diperiksa Sebelum Dipotong - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hewan Kurban Diperiksa Sebelum Dipotong

Hewan Kurban Diperiksa Sebelum Dipotong

Written By Mang Raka on Kamis, 23 Agustus 2018 | 13.00.00

PANGKALAN, RAKA - Tidak ingin kecolongan, petugas Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Karawang memeriksa kesehatan hewan kurban sebelum dilakukan penyembelihan di sejumlah titik, Rabu (22/8) kemarin. Di Kecamatan Pangkalan misalnya, sekitar 50 hewan kurban terdiri dari 37 sapi dan 12 kambing diperiksa terlebih dulu sebelum disembelih. Hasilnya, tidak ditemukan hewan kurban penyakitan.
Penyuluh Pertanian Lapangan Wilayah Kerja Pengawasan Peternakan Desa Tamansari Kecamatan Pangkalan, Surdi Susanto mengatakan, berdasarkan pemeriksaan fisik hewan kurban seperti mata, gigi, termasuk umur, hasilnya layak dikonsumsi. Meski begitu, dia menemukan satu ekor sapi yang masih dibawah umur, yakni belum cukup 2 tahun, yakni belum adanya gigi berganti. Semua masih gigi susu. "Jika ditemukan hewan yang dalam kondisi kesehatan tidak baik, segera ditarik dari penjualan," ungkapnya kepada Radar Karawang.
Surdi meminta kepada pedagang maupun peternak agar saat musim kemarau ini, kesehatan ternak dijaga dengan menyediakan air dan pakan agar kondisinya terjaga. “Secara umum kondisi kesehatan hewan kurban khususnya sapi, kami nyatakan layak untuk dikurbankan. Hanya saja perlu dijaga dan diberi pakan serta air, mengingat musim kemarau saat ini berpotensi terjadi gangguan kesehatan pada ternak sapi," ujarnya.
Eman (45) warga Kampung Pasirpeundeuy, Desa Tamanmekar mengaku adanya pengawasan dari Distanak disambut baik oleh peternak maupun pembeli hewan kurban. "Nah Kegiatan itu sangat pas, karena kami sebagai pemilik hewan kurban jadi aman jika menjual hewan untuk kurban," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template