Harus Ada Jenjang Jelas Membangun Karir Guru - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Harus Ada Jenjang Jelas Membangun Karir Guru

Harus Ada Jenjang Jelas Membangun Karir Guru

Written By Admin Raka on Selasa, 07 Agustus 2018 | 19.18.00

KARAWANG, RAKA - Harus ada jenjang jelas untuk membangun karir guru. Selain itu iklim kompetisinya juga harus sehat dan tidak diracuni kepentingan dari individu atau sekelompok yang dapat merusak ide dan iklim kompetitif.

Hal itu diungkapkan Pemerhati Masalah Pendidikan Drs. Anlatif, melalui artikelnya, belum lama ini. Menurut dia karir guru perlu dibangun baik untuk perbaikan organisasi, penyempurnaan organisasi, menggerakan organisasi maupun untuk peningkatan motivasi dan kesejahteraan guru. "Sistem karir yang jelas, transparan, akuntabel dapat mendorong guru untuk melakukan yang terbaik yang bisa dia berikan dalam kerjanya," ucap Anlatif.

Guru sejarah dan sosiologi SMA Negeri 2 Cikampek ini melihat target dan mengukur kinerjanya berdasarkan target. Target yang berbentuk posisi–posisi yang secara hirarkis terus meningkat, prestisius dan meningkatkan penghasilannya secara signifikan tanpa melanggar undang- undang dan berbagai peraturan lainnya. Sistem karir yang tak jelas, membuat motivasi guru rendah, karena tak melihat target karir yang jelas serta penghasilan yang signifikan dan khawatir melanggar aturan atau undang-undang. Sehingga, guru hanya melihat  tidak ada tantangan berprestasi  yang signifikan.

Masih dikatakan Anlatif, membangun kesejahteraan guru berarti memberikan gaji dan penghasilan tambahan yang cukup bahkan lebih untuk guru dan keluarganya.  Baik melalui politik penggajian yang menghargai profesionalisme guru maupun penetapan standar penghasilan yang jelas dan diatas UMR, karena guru, bukan karyawan yang bekerja mengolah barang atau hanya mengerjakan tugas administrative, tetapi guru sebagai pembentuk manusia berakhlak, berkepribadian, memiliki keterampilan, memiliki tanggung dan nasionalisme Indonesia, sehingga secara peran, sangat strategis dan menentukan kualitas dan nasib bangsa.

Hal lain dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas guru bisa dilakukan melalui pelatihan, seminar, workshop, MGMP dan berbagai pola lain, tetapi dilakukan secara sistematis, berkala, terukur dan tidak mengganggu jam kerja guru. Demikianpun pelatihan berkala, bertingkat, dari yang sederhana hingga ketingkat mahir harus dilaksanakan oleh pemerintah, khususnya Departemen Pendidikan Nasional, melalui Dinas pendidikan setempat atau dengan mendatangkan para ahli melakukan pelatihan disekolah.

"Pembangunan guru agar menjadi profesional dan berprestasi harus didukung oleh pembangunan sistem manajemen pendidikan yang didasarkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Selain didukung iklim leadership yang baik yang dikembangkan tidak saja ditingkat nasional, daerah tetapi juga dilingkup sekolah oleh kepala sekolah," pungkasnya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template