Habis Panen Padi Langsung Tanam Kedelai - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Habis Panen Padi Langsung Tanam Kedelai

Habis Panen Padi Langsung Tanam Kedelai

Written By Admin Raka on Rabu, 08 Agustus 2018 | 18.00.00

TELAGASARI, RAKA - Petani golongan 2 di sekitaran Kecamatan Lemahabang dan Telagasari merampungkan panennya seminggu terakhir. Sementara agar tanah tidak tandus sebagian petani menanaminya dengan tanaman kedelai. Seperti terjadi di Dusun Tegalega Desa Linggarsari petani disana menanami sawahnya kedelai varietas Anjasmoro dari Garut.

Ketua Kelompok Tani (Poktan) Srijaya Linggarsari Rohman mengatakan, petani menginginkan jadwal tanam mundur di golongan air 2 Desa Linggarsari, sebab mereka tidak ingin panen padi pada bulan Februari memasuki masa penghujan. Karenanya, selain sudah koordinasi agar air tidak masuk cepat, para petani memanfaatkan waktu untuk tanam kedelai dengan bibit Anjasmoro dari Garut.
Adapun lahan yang diperuntukan untuk tanam kedelai tersebut, sekitar 20 hektaran yang diharapkan sudah bisa dipanen muda 2,5 bulan kedepan. "Panen juga baru kemarin, kita ingin cepat tanam kedelai, memanfaatkan waktu usaha tani," ucapnya.

Kades Karangtanjung Kecamatan Lemahabang, Ade Kosasih mengatakan, sawah di Pasirtanjung dan Karangtanjung sudah hampir habis panen dua pekan kedepan. Rencananya di desa ini akan ditanam 300 hektare tanaman kedelai. Bahkan, memuluskan rencana itu, bupati Karawang direncanakan hadir untuk tanam kedelai di Pasirtanjung dan Karangtanjung.

Kedelai ini menjadi andalan paksa panen padi, terutama saat kondisi lahan sedang kering kerontang. Diharapkan, para petani yang menggunakan lahan-lahan paska panen bisa menambah hasil usaha dari panen kedelai. "Kita rencananya tanam kedelai di 30 hektare sawah. Panen usia muda paling 2,5 bulan selesai," katanya.

Penyuluh pertanian Desa Linggarsari Eva Lady Mustika mengatakan tanam kedelai di Linggarsari bertahap karena belum semua petani padi melaksanakan panen di lahan golongan air 2 dan 3. Karena, yang tanam itu adalah memanfaatkan waktu, sehingga sekitar 30 hektare lahan yang ditanami kedelai sudah bisa panen dalam waktu dua bulan. Bukan saja Linggarsari, desa lainnya seperti Cadas Kertajaya, Pasirtalaga, Talagamulya dan Talagasari juga serentak menanam kedelai. "Manfaatin waktu saja, biar sudah bisa di panen dua bulan kedepan," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template