Guru Disarankan Memahami Karakter Siswa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Guru Disarankan Memahami Karakter Siswa

Guru Disarankan Memahami Karakter Siswa

Written By Admin Raka on Rabu, 01 Agustus 2018 | 16.30.00

KARAWANG, RAKA - Guru harus dapat memahami karakter peserta didik, selain mampu mentransfer ilmu dan teknologi, guru juga harus bisa membentuk karakter pembelajaran positif.

Hal itu diungkapkan Pemerhati Masalah Pendidikan Fathurrohman, belum lama ini. "Meski tidak secara rinci disebutkan tentang kompetensi pedagogis tetapi dijelaskan melalui Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Salah satu kemampuan yang harus dikuasai guru ialah menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual," ucapnya.

Berdasarkan regulasi tersebut, teang Fathurrohman, seorang guru wajib memahami karakter peserta didiknya. Hal yang menarik dari regulasi ini, sebut dia, mengapa seorang guru harus memahami karakter peserta didiknya, dan apa manfaat yang diperoleh guru serta peserta didiknya. "Menurut Undang-undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada pasal 10 dinyatakan bahwa seorang guru harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi," ucapnya.

Dasar itu yang menjadi alasan guru merupakan  salah satu profesi yang berperan dalam membentuk dan menentukan kualitas SDM di masa yang akan datang. Kualitas SDM yang dimaksud ialah kualitas SDM yang seimbang antara intelektual dengan iman dan takwa. Guna mendapatkan kualitas SDM dimaksud, maka diperlukan guru yang berkualitas pula. Guru yang bukan hanya mampu mentransfer ilmu dan teknologi namun guru yang mampu membentuk karakter pebelajar yang positif. "Karakter merupakan cara berfikir dan berperilaku individu yang dikaitkan dengan masalah etis atau moral. Seseorang dinyatakan berkarakter baik manakala ia berfikir dan berperilaku baik," katanya. 

Menyinggung soal pentingnya guru memahami karakter peserta didik, hal mengacu terhadap jumlah siswa sebagai peserta kegiatan belajar mengajar di kelas. Seorang guru akan menghadapi sekitar 25 – 30 orang peserta belajar dalam ruang kelas.  Dari sejumlah peserta belajar memiliki karakter berbeda-beda, karena pikiran dan pesaan setiap individu relatif tidak sama, tergantung penyentuh dan cara menyentuh tiga unsur pembangun yang ada pada setiap idividu beserta kaidah pentahapannya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template