Garap Fisik dan Peningkatan SDM - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Garap Fisik dan Peningkatan SDM

Garap Fisik dan Peningkatan SDM

Written By Admin Raka on Rabu, 08 Agustus 2018 | 19.00.00

KARAWANG, RAKA - Kemiskinan merupakan masalah utama bagi perekonomian masyarakat. Desa Sirnabaya fokus menggarap berbagai program untuk bisa meningkatkan roda ekonomi masyarakat.

"berbagai program kami luncurkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya program rumah tidak layak huni," ujar Kepala Desa Sirnabaya, Ir.Masuran.

Ia melanjutkan, sebelum menyusun program yang bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat. Pihak pemerintah desa terlebih dahulu melakukan identifikasi potensi dan peluang yang dimiliki, seperti bidang penyediaan pangan, layanan kesehatan, pendidikan, perluasan kesempatan kerja, pembangunan pertanian, pemberian dana bergulir, pembangunan sarana dan prasarana, pendampingan pemberdayaan masyarakat sampai pada bantuan langsung tunai (BLT). 'Saya akui kegiatan penurunan kemiskinan bukanlah sesuatu proses yang mudah," ujarnya.

Menurutnya, persoalan multi dimensional yang dihadapi masyarakat miskin, membuat penanggulangan kemiskinan harus berdasarkan suara hati masyarakat miskin dan proses partisipasinya dalam upaya meningkatkan kehidupan sosial dan ekonominya. "Kami juga lihat tipoligi masyarakatnya dulu," ujarnya.

Karena, hakikat pemberdayaan masyarakat adalah meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat di seluruh aspek kehidupannya, meliputi aspek ekonomi, sosial budaya, lingkungan hidup, dan politik, sehingga masyarakat semakin mampu membangun diri dan lingkungannya sesuai potensi dan daya yang dimiliki. "inilah yang menjadi fokus pemerintah Desa Sirnabaya, karena masyarakat sejahtera, buki kesuksesan pemerintahan," ujarnya.

Dikatakannya, pada tahun 2017, berbagai pembangunan sudah dijalankan seperti jalan lingkungan, pembangunan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Posyandu, serta peningkatan sarana dan prasarana tempat ibadah. Selain itu berbagai pembangunan sumber daya manusia mulai dari Pembekalan PKK, LPM, BPD, Karang Taruna serta yang lainnya guna menunjang Pemerintahan Desa Sirnabaya terus meningkat. "Untuk tahun 2018, perbaikan jalan lingkungan, perbaikan penunjang sarana kantor desa dan pembangunan drainase menjadi topik utama pembangunan di tahun ini," bebernya.

Semenjak tahun tahun 2017 yang lalu sekitar 33 rumah tidak layak huni dibangunkan oleh pemerintah Desa Sirnabaya dengan harapan sebagai pemicu rasa optimis warga agar bisa lebih sejahtera. "Pembangunan 33 rumah tidak layak huni terbagi di 12 ke RT an," ucapnya.

Lalu pemberdayaan ekonomi masyarakat tingkat rumahan pun di inisiasi oleh pemerintah Desa Sirnabaya melalui kerjasama dengan BUMDes. "Untuk BUMDes didampingi pengelolaan usaha mikro masyarakat menengah ke bawah agar lebih terarah," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template