Ekskul Basket SMPN 1 Kotabaru Seru - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ekskul Basket SMPN 1 Kotabaru Seru

Ekskul Basket SMPN 1 Kotabaru Seru

Written By Admin Raka on Kamis, 30 Agustus 2018 | 16.00.00

KOTABARU, RAKA - Sebagai salah satu cara pelajar untuk mendapatkan nilai lebih dari sekolah, ialah dengan aktif mengikuti kegiatan positif yang diadakan di sekolahnya. Seperti yang dilakukan oleh sejumlah pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kotabaru. Mereka dengan semangat mengikuti kegiatan ekstrakulrikuler (ekskul) yang diadakan di sekolah tempatnya belajar.

Ariani Aulia, siswi kelas 9J mengatakan, banyak hal yang bisa didapatkan ketika aktif dalam kegiatan ekskul. Salah satunya ialah menambah nilai dan prestasi guna mempermudah untuk masuk ke sekolah yang diinginkan ketika lulus kelak. "Banyak sih manfaatnya. Selain menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani ya dapat nilai juga," kata Ariani yang mengikuti ekskul basket di SMPN 1 Kotabaru, Rabu (29/8).

Menurutnya, kegiatan ekskul basket tidak membuatnya tergangu terhadap konsentrasi belajar di sekolah. Karena jadwal ekskul tersebut dilaksanakan di luar jam pelajaran. "Nggak keganggu ko, soalnya kan latihannya pas udah pulang sekolah," akunya.

Siswi lain, Danvia Zhafira Putri juga mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan ekskul di sekolah. Baginya kegiatan ekskul merupakan salah satu media untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa. "Aku senang dengan ekskul basket. Dengan ikut ekskul basket aku jadi lebih bisa ngembangin bakat sama hobi aku dalam bermain basket," ujar Danvia yang juga sebagai ketua dalam ekskul basket.

Sementara di tempat yang sama, Eko Setyo Bangkit Nugroho, pelatih basket SMPN 1 Kotabaru menyampaikan, banyak hal yang ia ajarkan kepada para peserta didiknya dalam ekskul basket. Selain mengajarkan materi dan tekhnik basket, juga mengajarkan attitude, sportifitas serta sopan santun kepada anggota basket yang dilatihnya. "Memang yang lebih saya tekankan ialah attitudenya. Jadi bukan hanya pemahaman tentang basket saja," kata Eko.

Menurutnya, dengan mengikuti ekskul basket, peserta didik bisa mendapatkan pemahaman dan pengalaman yang lebih, khususnya di bidang olahraga basket. Selain itu siswa juga bisa mendapatkan kesempatan lebih untuk berprestasi. Salah satunya ketika mengikuti perlombaan dan mendapatkan piagam pengharagaan. Piagam tersebut akan berguna ketika kelak para peserta didik akan melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dituju. "Kalau dapat piagam kan nanti piagamnya bisa membantu untuk masuk SMA negeri," paparnya.

Menurutnya, SMPN 1 Kotabaru selalu mengikutsertakan muridnya dalam setiap event perlombaan. Bahkan tidak sedikit gelar juara yang diraih oleh anak didiknya ketika mengikuti lomba. Terakhir ia mengikutsertakan anak didiknya pada perlombaan Yos Sudarso Cup. "Kita latihan setiap hari Senin, Rabu dan Jumat. Latihan passing, dribbling dan teknik-teknik lain," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template