Eceng Gondok Ganggu Laju Perahu Nelayan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Eceng Gondok Ganggu Laju Perahu Nelayan

Eceng Gondok Ganggu Laju Perahu Nelayan

Written By Admin Raka on Selasa, 07 Agustus 2018 | 18.00.00

PEDES, RAKA- Warga pesisir, khususnya para nelayan Sungaibuntu, Kecamatan Pedes, mengeluhkan banyaknya eceng gondok yang memenuhi muara tempat sandar perahu. Pasalnya, tumpukan eceng gondok tersebut mengganggu keluar-masuk perahu nelayan.

Menurut salah seorang nelayan Sungaibuntu, Gozali (34), mereka mengeluhkan banyaknya eceng gondok yang dinilai mengganggu laju perahu saat hendak berlayar. Pasalnya, eceng gondok tersebut seringkali menghambat kipas bagian bawah perahu nelayan. "Kalau perahu kecil ini kan pakai kipas di bawahnya, suka nyangkut tuh eceng gondoknya ke kipas," keluhnya.

Sampah berupa tanaman ini memang susah untuk dimusnahkank. Namun alangkah lebih baiknya dapat bersihkan dari hulu agar tidak mengganggu perahu nelayan. Nelayan setempat yang mayoritas masih menggunakan mesin dompleng merasa terganggu akibat tumpukan eceng gondok yang berasal dari hulu tersebut. "Ini pasti eceng gondok dari hulu yang dibersihkannya tidak di angkat ke permukaan, imbasnya kepada kami di hilir," ketusnya.

Gozali berharap, kepada pihak pengairan agar ketika membersihkan sampah di bagian hulu bisa sekaligus di angkat ke darat, karena jika masih mebersihkan sampah tanpa dinaikan ke darat. Imbasnya kepada para nelayan. "Kalau eceng gondok memang tidak sampai merusak atau mematikan mesin karena gumpalannya, hanya tidak nyaman saja. Dan saya harap jika membersihkan sampah itu bisa diangkat ke darat, agar imbasnya tidak kepada kami di sini," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template