Diserang Hama Tikus, 2 Minggu 10 Hektar Sawah Rusak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Diserang Hama Tikus, 2 Minggu 10 Hektar Sawah Rusak

Diserang Hama Tikus, 2 Minggu 10 Hektar Sawah Rusak

Written By Admin Raka on Selasa, 14 Agustus 2018 | 15.45.00

KUTAWALUYA, RAKA- Nampaknya para petani mesti bekerja ekstra keras lagi agar dapat memanen padinya dengan mulus dan dapat untung besar. Bagaimana tidak, hama tikus mulai beraksi kembali dengan ganasnya. Tak tanggung-tanggung, dalam jangka waktu 2 Minggu, lebih dari 10 hektare tanaman padi petani yang baru berusia 50 hari di acak-acak.

Petani Dusun Tegalasem, Desa Sindangsari, Kecamatan Kutawaluya, Dasik (55), mengeluhkan seragan hama tikus yang merusak tanaman padi miliknya. Padi yang berusia 50 hari tersebut di acak-acak dalam kurun waktu 2 mingguan. "Bukan lahan garapan saya aja, lahan milk orang lain juga kena," ucapnya, kepada Radar Karawang.

Sebelumnya petani diresahkan oleh hama wereng batang coklat (WBC), akibatnya puluhan hektare sawah menjadi korban, dan tak sedikit juga petani yang merugi. Kali ini petani kembali dibuat pusing oleh hewan pengerat ini. "Bingung mesti gimana lagi, banyak cara sudah di lakukan, tapi tetepa aja nyerang," keluhnya.

Lebih parahnya, meskipun telah mempungai daftar susulan, saat ini petani penggarap ini mengaku tidak mempunyai kartu tani sebagaimana petani lainnya. Sehingga, untuk meminta batuan dari pemerintah pun tidak terlalu ia harapkan. "Maunya mah dibantu sih, tapi kan saya gak punya kartu tani," ucapnya.

Hanya saja, lanjut Dasik, jika pemerintah berkenan memberi bantuan pun tak akan ia tolak. Sekalian untuk lakukan percobaan alat atau bahan apapun untuk mengusir hama tikus tersebut, sebelum tersebar ke sawah milik petani lain. "Kalau bisa mah dari dinas ataupun lembaga yang ngerti tentang ini bisa turun ke lapangan. Supaya tahu kondisi dan bagaimana cara mengatasinya," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template