Disdukcapil Sisir Pemilih Pemula - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Disdukcapil Sisir Pemilih Pemula

Disdukcapil Sisir Pemilih Pemula

Written By Admin Raka on Kamis, 30 Agustus 2018 | 13.00.00

PURWAKARTA, RAKA - Menjelang pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tahun 2019, Dinas Pendudukan dan Penacatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwakarta, tengah mempersiapakan Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4).

Didi Supriadi, Bagian Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil Purwakarta mengatakan, DP4 nantinya akan disampaikan oleh Kemendagri ke KPU pusat, setelah itu turun ke KPU daerah sebagai dasar untuk pencocokan dan peneletian (coklit). "Sekarang kerja sama soal pemutakhiran saja. DP4 sudah mencantumkan anak yang belum terdaftar di pemilu, anak yang umurnya 16 tahun 4 bulan sudah masuk dalam DPT. Hanya saja belum melakukan perekaman," terang dia, saat ditemui di kantornya.

Ia juga mengatakan, untuk pileg dan pilpres jumlah DPT mencapai 666.972 jiwa yang sudah fix, namun pada waktu pemilihan bisa saja belum terdaftar. "Yang punya KTP elektronik tapi belum terdaftar bisa nyobolos hanya di TPS tertentu saja dan nyoblosnya sesudah jam 12," terang doa.
Dijelaskannya, untuk pemegang suket sebelum adanya KTP elektronik diperlakukan sama, untuk menjamin adanya suket tersebut dinas kependudukan pada pemilu tidak boleh libur untuk mengurus data pas hari H pemilihan. "Mudah-mudahan suket bisa digunakan untuk pileg dan pilpres nanti, saya masih yakin suket masih berlaku," papar dia.

Dia juga mengatakan, untuk permohonan KTP elektronik saat ini paling banyak dalam perubahan status, seperti gelar keagamaan, gelar sarjana, dan status nikah. "Sudah 87 ribu, itu juga karena tidak ada blanko ketergantungan kita ke pusat tinggi kalau suket berlakunya hanya 6 bulan. Dari akhir bulan Juni sampai dengan Agustus, ketersediaan blanko 0 saat ini, maka dikeluarkanlah suket, sekitar 50.000 sudah keluar," jelas dia.

Disisi lain jelas dia, untuk pileg dan pilpres pihaknya sedang melakukan perekaman untuk pelajar di Madrasah Aliyah sampai dengan 13 September 2018. Pihaknya akan melakukan perekaman untuk SMA dan SMK dengan total  86 sekolah. "Nanti para pelajar tersrbut akan langsung mendapatkan KTP elektronik, jadi langsung dicetak,  fisiknya tidak harus diserahkan ke desa, langsung di serahkan ke sekolah," jelas dia. (ris)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template