Disdikpora Karawang Sosialisasi Atisisbada - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Disdikpora Karawang Sosialisasi Atisisbada

Disdikpora Karawang Sosialisasi Atisisbada

Written By Admin Raka on Rabu, 29 Agustus 2018 | 16.21.00

KOTABARU, RAKA - Dalam rangka meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengoperasikan Aplikasi Tekhnologi Informasi Sirkulasi Barang Daerah (Atisisbada), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang melalui Bagian Aset Daerah, memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada para Bendahara, Operator, dan Kepala Sekolah yang ada di Komisariat Cikampek yang bertempat di SMPN 2 Kotabaru, Selasa (28/8).

Evi Latifah, Bagian Aset Daerah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang mengatakan, Sistem Atisisbada merupakan aplikasi yang digunakan sebagai alat bantu pemerintah daerah untuk meningkatkan efektifitas implementasi pengelolaan keuangan daerah, yang berdasarkan asas efektif, efisiensi, akuntable dan auditable. "Intinya untuk mempermudah dalam menyusun aset sekolah yang diberikan dari dana pemerintah," kata Evi kepada Radar Karawang.

Adapun materi yang disampaikan dalam bimtek tersebut, sambung Evi, salah satunya ialah cara mengentri barang atau aset sekolah melalui aplikasi Atisisbada. "Cara mengentri barang, misalnya, pembelian komputer, meja dan aset sekolah lain. Karena setiap barang itu sudah ada rumah/kolomnya masing," ujarnya.

Evi juga menyampaikan, diadakannya bimtek tersebut, mengingat pentingnya penyusunan dan penginputan belanja barang modal/aset yang bersumber dari dana BOS semester pertama 2018. Selain itu, ia juga berharap dengan adanya bimtek, dapat meningkatkan keterampilan pengurus aset di sekolah dalam menyusun laporan keuangan, serta menunjang Dinas Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah. "Harapannya para peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa memahami pengoperasian aplikasi Atisisbada. Dengan demikian penyusunan aset bisa dilaksanakan dengan baik," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Darmanto Hadis, Kepala SMPN 2 Kotabaru mengatakan, kegiatan tersebut merupakan sosialisasi aplikasi atisisbada dari dinas pendidikan mengenai tata cara penginputan aset sekolah. "Peserta yang mengikutinya bendahara sama bagian aset. Saya tadi hanya membuka," ungkapnya.

Sementara Agus Sunarto, Bendahara SMPN 3 Kotabaru yang menjadi peserta dalam bimtek tersebut mengatakan, dirinya sudah memahami mengenai tatacara penginputan aset melalui aplikasi Atisisbada yang disampaikan oleh Dinas Pendidikan. "Tadi lebih kesosialisasi aplikasi laporan belanja modal semester 1 Januari - Juni tahun 2018. Caranya udah ngerti," singkatnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template