Dilarang, Situ Kamojing Tetap Ditanami Padi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dilarang, Situ Kamojing Tetap Ditanami Padi

Dilarang, Situ Kamojing Tetap Ditanami Padi

Written By Admin Raka on Kamis, 16 Agustus 2018 | 17.46.00

CIKAMPEK, RAKA - Jika musim kemarau tiba, saat situ Kamojing tengah kering, sudah menjadi langganan masyarakat sekitar untuk menggarap lahan situ sebagai sawah.

Nursyaim, juru pengairan situ Kamojing menyampaikan, sejak ia bertugas di sana, masyarakat desa Kamojing khususnya yang bertempat di sekitaran situ dipastikan akan menjadikan situ sebagai lahan sawah saat situ sedang kering. Padahal pihaknya sudah melarang warga sekitar agar tidak menjadikan situ sebagai sawah. "Kita sudah melarang warga yang menanami padi, namun tetap saja tidak didengar," katanya kepada Radar Karawang, Rabu (15/8).

Secara aturan, lanjut dia, lahan seluas 25 hektare itu tidak dibolehkan untuk digunakan sebagi lahan pesawahan. karena lahan itu merupakan lahan genangan untuk penampungan air. "Secara aturan tidak diperbolehkan, tapi kami juga bingung harus gimana," tambahnya.

Menurutnya, berbagai cara sudah lakukan untuk melarang warga, mulai dari pemasangan papan larangan, peneguran secara langsung kepada warga dan menyampaikan kepada ketua RT, namun warga tetap menanami lahan situ tersebut. Padahal, mereka sudah sering mengalami kerugian karena sebelum padinya bisa dipanen, lahan tersebut sudah dipenuhi lagi oleh air. "Larangan kami sudah lakukan dengan berbagi cara, kalau ke kepala desa memang belum koordinasi," ujarnya.

Nursyaim berharap, masyarakat bisa mengerti dan memahami bahwa di lahan tersebut memang tidak diperbolehkan untuk ditanami padi. sehingga kedepannya walaupun situ sedang kering tidak ada masyarakat yang menjadikan situ tersebut sebagi sawah. "Saat ini kami sudah laporan ke atas, ke seksi tarum walahar. Semoga masyarakat bisa ngerti," pungkasnya.

sementara, Charim Kepala Desa Kamojing belum memberikan tanggapan. Saat didatangi ke kantornya, ia tidak ada di tempat, bahkan meski sudah dihubungi via telepon tidak ada jawaban. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template