Didatangi Satgas Dana Desa Kades Ketar-ketir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Didatangi Satgas Dana Desa Kades Ketar-ketir

Didatangi Satgas Dana Desa Kades Ketar-ketir

Written By Admin Raka on Rabu, 29 Agustus 2018 | 16.15.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Kehadiran Satuan Tugas (Satgas) Dana Desa selama lima hari di desa-desa yang tahapannya melewati batas realisasi tak pelak membuat sejumlah kades ketar-ketir. Namun mereka beralibi hal itu terjadi lantaran terlambatnya Perbup.

Seperti diungkapkan Kades Kiara H. Warja, keterlambatan Perbup dari awal sudah membuat para kades kewalahan. Sebab, disatu sisi dikejar agar Dana Desa bisa cair sejak Januari - Februari, sementara Perbup baru keluar pada bulan Maret. Begitupun dengan ajuan dan SPJ, beberapa diantaranya diakui Warja ada keterlambatannya. "Awalnya karena Perbupnya ini lambat, sehingga pencairan kami juga akhirnya lambat," katanya.

Banyaknya target dan capaian yang didorong Satgas Dana Desa, membuat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Karawang secara khusus memanggil 16 Camat yang desanya masih belum mencairkan, bahkan mengajuan Dana Desa tahap 1 untuk menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) percepatan. Sementara surat dengan Nomor 005/826/PUEP yang ditandatangani plh Sekretaris DPMD tersebut, diketik dengan ketikan tebal untuk tidak mewakilkan selain Camat dan Kades yang dimaksud. "Jumlah desa yang ternyata belum mencairkan tahap 1 sampai akhir Agustus ini mencapai 47 desa," ucap Warja.

Sekretaris Apdesi Karawang Alex Sukardi mengatakan, rata-rata desa itu kebanyakan belum menyelesaikan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) tahun sebelumnya, sehingga akan sulit mendapatkan Rekomendasi Camat untuk tahap selanjutnya. "Yang 47 desa itu kebanyakan belum menyelesaikan SPJ, sehingga kesulitan mendapat rekomendasi Camat untuk tahap selanjutnya," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template