Desa Sirnabaya, Turunkan Angka Kemiskinan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desa Sirnabaya, Turunkan Angka Kemiskinan

Desa Sirnabaya, Turunkan Angka Kemiskinan

Written By Admin Raka on Rabu, 08 Agustus 2018 | 18.45.00

KARAWANG, RAKA - Pembangunan infrastruktur desa dengan menggunakan dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah ternyata mampu menurunkan tingkat kemiskinan dan kesenjangan pendapatan masyarakat di pedesaan termasuk di Desa Sirnabaya, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang.

"Pembangunan infrastruktur pedesaan melalui dana desa terbukti menurunkan tingkat kemiskinan di desa sebesar 4,5 persen, sedangkan tingkat kesenjangan atau gini ratio di desa saat ini hanya 0,32 persen," aku Kepala Desa Ir.Masuran, kepada Radar Karawang.

Masuran mencatat, angka penurunan kemiskinan di desa tersebut lebih tinggi dibandingkan di kota saat ini sebesar 4 persen, sedangkan tingkat kesenjangan di Desa Sirnabaya saat ini sebesar 0,407. “Hal ini sesuai dengan tujuan utama dari program dana desa, yakni untuk mengurangi tingkat kemiskinan,” katanya.

Berbagai infrastruktur yang dibangun dari dana desa dinilai telah mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekaligus meningkatkan aktivitas ekonomi di desa.

Karena selama tiga tahun terakhir, dengan dana desa dapat dibangun lebih dari 101 kilometer jalan desa Sirnabaya yang terbagi dari jalan lingkungan dan jalan setapak. Kemudian pembangunan yang lainnya adalah fasilitas umum penunjang pemerintahan seperti Sekolah Pendidikan Anak Usia dini (PAUD) dan Posyandu. "Dengan dana desa maka pembangunan di wilayah pedesaan seperti di wilayah kami sedikit demi sedikit sudah mulai dirasakan persamaanya dengan kota, jalan setapak desa dan jalan lingkungan desa pun kini sudah jauh lebih baik," tutupnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template