Desa Jantung Pembangunan Nasional - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desa Jantung Pembangunan Nasional

Desa Jantung Pembangunan Nasional

Written By Admin Raka on Rabu, 08 Agustus 2018 | 19.15.00

KARAWANG, RAKA - Pembangunan nasional pada hakekatnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia menuju masyarakat yang makmur dan berkeadilan. Tapi, jantung dari pembangunan berada pada pemerintahan desa.

Kepala Desa Sirnabaya Ir.Masuran menyampaikan, perlu disadari bahwa proses pembangunan adalah suatu proses perubahan masyarakat. Proses perubahan ini mencerminkan suatu gerakan dari situasi lama atau  tradisional menuju suatu situasi baru yang lebih maju atau modern. "Pertumbuhannya dalam 10 tahun terakhir peningkatannya cukup signifikan," ujarnya.

Ia menuturkan, Desa Sirnabaya merupakan salah satu desa di Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang yang letaknya berdekatan dengan pusat Kota Karawang. "Ini menjadikan Desa Sirnabaya salah satu desa penopang Karawang Kota," tambahnya.

Menurutnya, berawal dari keinginan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan pemerintah yang lebih dekat, lebih efektif dan lebih efisien. Maka, pada 1980an dibentuklah panitia pemekaran desa dan pada waktu itu juga langsung mengajukan permohonan pemekaran desa kepada pemerintah kabupaten. "Pada awalnya termasuk dalam desa induk hingga dimekarkan menjadi beberapa desa di Kecamatan Teluk Jambe Timur diantaranya Desa Puseurjaya, Desa Sukaluyu, Desa Sukaharja dan Desa Wadas," bebernya.

Desa Sirnabaya adalah salah satu desa di Kecamatan Telukjambe Timur yang mempunyai luas wilayah 503.265 Ha. Jumlah penduduk Desa Sirnabaya sebanyak 11.040 jiwa yang terdiri dari 5.365 laki-laki dan 5.657 perempuan dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 3.375 KK. Sedangkan jumlah Keluarga Miskin (Gakin) 278 KK yang ada di Desa Sirnabaya.

Batas-batas administratif Pemerintahan Desa Sirnabaya Kecamatan Teluk Jambe Timur adalah Sebelah Utara Desa Puseurjaya Kecamatan Telukjambe Timur, sebelah Timur Desa Telukjambe dan Pinayungan Kecamatan Telukjambe Timur, sebelah Selatan Tanah Kehutanan, Sebelah Barat Desa Puseurjaya, Kecamatan Telukjambe Timur.

Desa Sirnabaya terdiri dari tiga dusun, sembilan RW dan 68 RT. "Peran desa untuk pembangunan bangsa dan negara tentu sangat penting," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template