Desa Citalang Proyeksi Kampung Ramah Anak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desa Citalang Proyeksi Kampung Ramah Anak

Desa Citalang Proyeksi Kampung Ramah Anak

Written By Admin Raka on Sabtu, 25 Agustus 2018 | 11.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Dinas Sosial menggelar sosialisasi kampung ramah anak. Sosialisasi tersebut ditujukan untuk  pembentukan Kampung Ramah Anak 2018 di Desa Citalang, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Dinas Sosial Kabupaten Purwakarta Dra Hj Amalyaningsih Sukandar M.M memgatakan, pembangunan kampung ramah anak yang berbasis dari RW setempat menyatukan komitmen dan sumberdaya lokal masyarakat dan dunia usha yang berada di lingkungan setempat dalam rangka melindungi anak dari tindakan kekerasan.  "Kampung Ramah Anak merupakan sebuah program kegiatan yang berpusat kepada anak. Program ini nantinya akan diadakan di salah satu RW. Adapun maksud dan tujuan dari kampung ramah anak yaitu memberikan hak-hak anak-anak perkotaan sebagaimana mestinya yaitu hak dalam bermain, belajar dan memperoleh perlindungan," terang dia.

Diteruskannya, dapat kita ketahui, anak-anak sekarang lebih banyak meluangkan waktunya dengan gadget, bermain didalam rumah, dan sibuk dengan belajar yaitu tidak hanya didalam sekolah tetapi juga diluar sekolah (les) sehingga anak-anak tidak memiliki waktu luang yang banyak untuk merasakan masa kanak-kanaknya. "Dari pemikiran inilah, Kampung Ramah Anak sebagai pilihan untuk memberikan hak-hak dalam bermain dan juga bersosialisasi bersama, tidak hanya menjadi masyarakat yang individu, tetapi juga memiliki rasa kebersamaan karena dalam pelaksanaannya, Kampung Ramah Anak ini diadakan dengan memberikan keleluasaan anak untuk bermain, berkreasi dan bersosialisasi," papar dia.

Dia juga mengatakan, untuk kegiatan Kampung Ramah Anak dianggap penting untuk mewujudkan anak-anak yang bahagia. Yaitu, dapat bermain dan dapat belajar besama melalui kegiatan tersebut. "Pelaksanaan kegiatan Kampung Ramah Anak nantinya diadakan setiap hari Minggu ataupun hari libur nasional. Dimana, pelaksananaannya dimulai dengan mengumpulkan anak-anak di hari libur kemudian diberikan berbagai wadah untuk bermain, berkreasi dan belajar yang menyenangkan. peserta kampung ramah anak sebelumnya telah didata terlebih dahulu yaitu dimulai dari umur 1-18 tahun, akan tetapi dalam pelaksanaannya diikuti dari umur 3-18 tahun," papar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam program Kampung Ramah Anak, anak-anak dikenalkan kembali berbagai permainan tradisional. Permainan tradisional tersebut berupa permainan gobak sodor, bentik, lompat tali, kasti, betengan, congklak, enggrang bambu, enggrang batok kelapa, engklek, petak umpet, dan lain lain. Selain itu, anak-anak diajarkan untuk berkreatifitas seperti memanfaatkan kembali seperti kain perca, botol bekas, kain flanel, origami, stik es cream, tali, untuk dijadikan berbagai kreasi seperti bros hijab, tali rambut, boneka, gelang, tempat pensil, dompet. "Kemudian, anak-anak juga di bimbing belajar yang menyenangkan dengan bercerita,bernyanyi,dan games,"pungkasnya. (ris)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template