Curi Start Kampanye Didenda Rp 12 Juta - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Curi Start Kampanye Didenda Rp 12 Juta

Curi Start Kampanye Didenda Rp 12 Juta

Written By Admin Raka on Kamis, 30 Agustus 2018 | 11.15.00

PURWAKARTA,RAKA- Meski tahapan kampanye pada pemilihan legislatif 2019 belum dimulai,  namun banyak Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) sengaja mencuri start dengan mengkampanyekan diri melalui spanduk dan baliho di pinggir jalan di Kabupaten Purwakarta.

Ketua Bawaslu Purwakarta, Ujang Abidin mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk menertibkan alat peraga tersebut. “Kami sudah kirim surat ke Penjabat Bupati Purwakarta, agar mengintruksikan ke Satpol PP terkait penertiban spanduk bacaleg,” kata Ujang, kepada awak media Rabu (29/8).

Ia mengatakan, adapun alat peraga tersebut di antaranya ada yang berupa baliho, poster, spanduk, dan sebagainya. “Karena itu masih ranah Pemerintah Daerah (Pemda), pasalnya belum masa kampanye, penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) nya kan nanti tanggal 20 September 2018,” katanya.

Menurutnya, kampanye adalah kegiatan peserta pemilu atau pihak lain yang ditunjuk oleh peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi, misi, program atau citra diri peserta pemilu. “Kini, kegiatan yang mengarah kepada hal-hal yang disebutkan tadi, belum dibolehkan dilakukan karena belum waktunya,” ujar Kang Uje begitu dia disapa.

Dia menambahkan, pihaknya sudah berikan imbauan untuk tidak melakukan aktifitas kampanye, secara resmi sudah disampaikan kepada semua parpol peserta Pemilu 2019. Jika masih memaksakan berkampanye sebelum waktunya, lanjut dia, akan berurusan dengan hukum. Sebab sanksi bagi pelanggar bukan hanya administrasi, tapi juga pidana pemilu.

“Pasal 492 UU 7 Tahun 2017 tentang pemilu menegaskan setiap orang yang dengan sengaja melakukan kampanye di luar jadwal yang telah ditetapkan KPU diancam sanksi pidana paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp 12 juta,” pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template