Celengan dari Buah Berenuk - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Celengan dari Buah Berenuk

Celengan dari Buah Berenuk

Written By Admin Raka on Rabu, 01 Agustus 2018 | 11.30.00

KARAWANG, RAKA - Di Minggu terakhir masa Kuliah Kerja Nyata atau KKN, mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang melaksanakan program kerja terakhir sebagai program pendukung yaitu pemberian tempat sampah bagi warga Dusun Sumedangan, Desa Purwadana, Kecamatan Telukjambe Timur.

Setelah sebelumnya selama tiga Minggu, para mahasiwa dari berbagai program studi ini melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk mengabdi pada masyarakat, mulai dari penyuluhan bank sampah yang dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Akuntansi. Lalu ada pembelajaran mengenai pola asuh orang tua terhadap anak oleh mahasiswa psikologi serta penyuluhan mengenai perundang-undangan desa oleh Program Studi Hukum.

Sedangkan dari bidang pendidikan, mahasiswa juruan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), membuat program bimbingan belajar anak-anak sekolah dasar sebagai pengisi liburan anak-anak tersebut. Lain halnya dengan bidang kesehatan yaitu adanya pemeriksaan kesehatan para warga Dusun Sumedangan oleh mahasiswa Farmasi. Selain itu, mahasiwa Program Studi Manajemen mengeluarkan inovasi baru yakni membuat celengan dari buah berenuk. Buah yang jumlahnya cukup banyak di desa tersebut. "Banyak program kerja yang kami susun yang terealisasi di Desa Purwadana," ujar Indah Sari, Wakil KKN UBP Karawang, kepada Radar Karawang.

Mahasiswi berparas cantik itu menjelaskan, tujuan pembuatan celengan dari buah berenuk bukan hanya sebagai pemanfaatan buahnya saja. Melainkan adahal lain yang tak kalah penting, yaitu mengajari anak-anak untuk berinvestasi sejak usia dini. “Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk menumbuhkan rasa perduli anak-anak terhadap masa depannya mereka sendiri. Hal kecil seperti menabung bisa menjadi kebiasaan yang akan mereka lakukan nanti ke depannya.” tandasnya.

Ia menambahkan, pembuatan celengan sendiri di lakukan di SDN Purwadana II oleh siswa kelas 5 pada Sabtu, (21/7) lalu. Pada waktu yang bersamaan, program Studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika bekerjasama untuk megadakan pembelajaran dan memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi SD Purwadana II kelas VI tentang penggunaan komputer dan internet dengan cara yang baik. "Pada waktu yang bersamaan, prodi lain pun sama menggelar kegiatan yang berbeda," tuturnya.

Menurut Empud Mahpudin, ketua RT 02 Dusun Sumedangan mengaku, bahwa pohon buah berenuk ada di hampir seluruh rumah yang berjejer di halaman sebagai pagar saja. “Ya dibiarin gitu aja. Akhirnya saya kumpulin di rumah siapa tahu nantinya bisa bermanfaat. Nah ada kebetulan ada rekan mahasiswa yang punya ide untuk bikin celengan.” akunya. (acu)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template