BUMDes Cikampek Pusaka Lawan Bank Emok - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BUMDes Cikampek Pusaka Lawan Bank Emok

BUMDes Cikampek Pusaka Lawan Bank Emok

Written By Admin Raka on Rabu, 29 Agustus 2018 | 16.26.00

KARAWANG, RAKA - Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diharapkan mampu menggerakan roda perekonomian warga desa. Pasalnya setiap desa memiliki potensi yang berbeda untuk meningkatkan roda ekonomi masyarakat.

Salah satu desa di Kecamatan Cikampek yang terlihat cukup menggeliat dalam pengelolaan BUMDes adalah Desa Cikampek Pusaka. Dengan bergerak di bidang simpan pinjam, peternakan, pengelolaan sampah dan usaha gas elpiji, setidaknya bisa membantu meningkatkan roda ekonomi masyarakat.
Bahkan khusus untuk simpan pinjam, bisa mengalihkan perhatian warga untuk tidak meminjam pada bak emok. Melainkan bisa pinjam ke BUMDes yang dikelola secara profesional.

Direktur BUMDes Cikampek Pusaka Ahmad Jaenudin menyampaikan, untuk mempersempit ruang gerak rentenir atau tepanya bank emok, maka pengelolan BUMDes bergerak pada simpan pinjem. "Semenjak ada simpan pinjam, kini masyarakat menjadi terbantu untuk meningkatkan perekonomiannya," ujarnya, kepada Radar Karawang, Selasa (28/8) kemarin.

Ia menambahkan, pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) ini, tidak hanya ditargetkan dalam bentuk usaha simpan pinjam saja. Namun bidang peternakan, pengelolaan sampah, dan usaha pangkalan gas juga berjalan cukup baik. Hal itulah yang membuat saat ini keberadaan BUMDes dapat memberikan pemasukan terhadap Pendapatan Asli Desa (PADes). "BUMDes ini bergerak dalam 4 bidang," tuturnya.

Menurutnya, untuk BUMDes simpan pinjam yang dilakukan lembaga tersebut lebih mengoptimalkan para pelaku usaha. Mulai dari pedagang keliling hingga pengusaha toko yang ada di wilayah desanya. "Untuk anggota BUMDes di usaha simpan pinjam kami sudah ada 200 orang lebih untuk menjadi nasabah, alhamdulilah berjalan dengan lancar. Untuk usaha simpan pinjam kami lebih prioritaskan kepada para pelaku usaha (pedagang)," katanya.

Dia mengaku, pada saat ini keberadaan BUMDes Cikampek Pusaka menjadi yang terbaik di Cikampek, karena akan mewakili Kecamatan Cikampek untuk tingkat kabupten. "Banyak penghargaan yang kami dapatkan," akunya.

Dia menjelaskan, untuk setiap tahunnya pengelolaan BUMDes di Desa Cikampek Pusaka selalu memberikan pemasukan untuk PAD. Karena pengelolaanya bisa berjalan dengan lancar. "Modal BUMDes setiap tahunnya berbeda-berbeda, tergantung hasil pengajuan. Alhamdulilah setiap tahunnya itu kami meberikan pemasukan sebesar 10 samapai 20 persen (dari omset) untuk PAD," terangnya.

Salah satu nasabah BUMDes Cikampek Pusaka, Deni yang merupkan pemilik usaha bubur ayam keliling menambahkan, proses simpan pijam yang dilakukan pihak pengelola BUMDes di dasanya itu cukup baik. Hal itu bisa dilihat dari tidak sulitnya melakukan proses penambahan modal usaha. "Simpan pinjamnya ke BUMDes aja jangan ke bang emok, soalnya cepat dan budah, yang penting mah pembayarannya pasti. Pembayarannya seminggu sekali," pungkasnya. (acu)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template