Bulan Depan 132 Madrasah Diakreditasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bulan Depan 132 Madrasah Diakreditasi

Bulan Depan 132 Madrasah Diakreditasi

Written By Admin Raka on Kamis, 09 Agustus 2018 | 17.15.00

TELAGASARI, RAKA - Sebanyak 132 madrasah akan diperiksa asesor akreditasi Badan Akreditasi Nasional (BAN). Untuk itu, para pengelola madrasah sudah ancang-ancang mempercantik dan menyempurnakan kelengkapan standar akreditasi menjelang pelaksanaannya yang diperkirakan mulai pertengahan bulan depan.

Kepala MA Ghoyatul Jihad Kecamatan Telagasari H. Jaenul Anwar M.Pd mengatakan, untuk tingkat Madrasah Aliyah, ada empat lembaga tahun ini akan diakreditasi, yaitu MA Fathonul Burhan Tempuran, MA Ashidiqiyah Cilamaya Wetan, MA Nihayatul Amal Rawamerta dan MA Ghoyatul Jihad Kecamatan Telagasari. Diakui Jaen, MA yang baru dipimpinnya 2 bulan ini terakhir akreditasi pada tahun 2013 dengan predikat B dengan bobot 79.

Saat ini, cukup berat menempuh nilai intervalnya, sebab dibawah 80 maka predikat akreditasinya C, oleh karena itu, jikapun akreditasi level ke A agak jauh, tetapi setidaknya ia berharap akreditasi tahun ini bisa bertahan di predikat B dengan bobot diatas 80. Untuk itu, kelengkapan administrasi dan 8 standar yang disarankan, pihaknya sudah menyiapkan waktu jauh-jauh hari betapapun masih ada beberapa kekurangan, seperti ketiadaan ruang laboratorium IPA misalnya.

Namun hal itu bukan menjadi hambatan, karena baik sarana prasarana, SDM Guru dengan kualifikasi S1 hingga Ekstrakulikuler yang cukup, diharapkan akreditasi yang belum ditentukan tanggal pastinya ini, bisa lancar dan mendapatkan hasil yang meningkat. "Interval bobot sekarang ini yang agak berat, tapi kita yakin semoga MA dengan murid 120 orang ini bisa mempertahankan bobot nilai akreditasinya," katanya.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Ghoyatul Jihad Telagasari, Drs H Oyok Abdurahman mengatakan, madrasah yang memiliki 800 siswa ini sudah akreditasi tahun 2013 lalu dengan bobot nilai 90 atau A. Selama perjalanan itu, akses kemandirian dan kepercayaan orangtua/wali murid terhadap madrasah semakin tinggi. Tahun ini, ada sekitar 30 MTs yang akan digarap akreditasi termasuk Mts yang dipimpinnya. Karena itu, ragam persiapan dua bulan terakhir, sudah dilakukannya , baik perapihan administrasi kantor, guru dan sarana prasarana sekolah.

Termasuk, melengkapi monigrafi ruangan dan dinding madrasah. Hanya saja, diakui Oyok, dalam akreditasi Semarang ini, pihaknya masih kekurangan ruang kelas karena sedang masa renovasi, dan juga  ekstrakulikuler dan fasilitas laboratorium. Namun demikian, ia tetap optimis, sebulan kedepan, 8 standar yang disyaratkan asesor silang lintas Kabupaten/kota tersebut bisa terpenuhi, sehingga sekurang-kurangnya akreditasi dengan nilai A bisa tetap dipertahankan tahun ini. "Kita empat terakhir itu ya predikatnya A, semoga bisa bertahan ditahun ini juga," katanya.

Lebih jauh Oyok menambahkan, dengan jumlah 800 siswa dan guru 30 orang plus 5 TU dan yang PNS tiga orang, pihaknya berharap apa yang disuguhkan dilingkungan madrasah sebagai penunjang dan identitas kelas bisa menambah kesempurnaan madrasah ini. Karena, segala persiapan dan pematangan sudah dilakukan manajemen Madrasah, agar hasil akreditasi oleh para asesor perpaduan dari Kementrian Agama dengan Dinas ini  bisa lancar dan sukses. "Kita siap sambut tim asesor nanti dengan sejumlah demo ekskul seperti marching band dan Hadroh," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template