Blusukan Cari Kader Posyandu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Blusukan Cari Kader Posyandu

Blusukan Cari Kader Posyandu

Written By Admin Raka on Selasa, 14 Agustus 2018 | 15.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Setelah sukses mengantarkan Desa Bengle, Kecamatan Majalaya, juara 2 lomba posyandu tingkat Jawa Barat tahun 2017, tim penilai lomba posyandu kabupaten yang terdiri dari pejabat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Dinas Kesehatan, Dinas pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kabupaten kembali turun gunung menyeleksi kader posyandu yang akan dilombakan pada bulan September mendatang. Perdana digarap adalah Desa Tegalwaru Kecamatan Cilamaya Wetan, dan Desa Kiara Kecamatan Cilamaya Kulon, Senin (13/8) kemarin.

Ketua Tim III Penilai Posyandu Kabupaten Karawang Candrawan mengatakan, pihaknya mulai melakukan penilaian lomba posyandu, Senin (13/8) kemarin. Rata-rata sehari menilai 2-3 posyandu dari tiga desa. Adapun kriteria penilaiannya, sebut Candra, selain posyandu, ada inovasi, sosial, panduan lintas dinas seperti kesehatan dan pendidikan sampai ekonomi. Termasuk juga peran serta pemerintah desa dan kecamatan terhadap posyandu yang ada di desa-desa. "Ada porsi dan bagian dari dana desa yang bisa saja teralokasi pada keberlangsungan Posyandu tersebut," katanya.

Kabid Kelembagaan Desa DPMD Karawang ini menambahkan, hasil penilaian akan diolah dan dihimpun, lalu diumumkan di akhir Agustus. "Posyandu yang terbaik menjadi wakil Kabupaten Karawang ke tingkat Provinsi Jawa Barat, yang akan digelar sekitar bulan September," ujarnya.
Menurutnya, juara 1 akan diberikan penghargaan saat upacara HUT Karawang pada 14 September mendatang. Adapun hadiah yang disiapkan, antara lain juara 1 Rp 10 juta, juara 2 Rp 8 juta dan juara 3 Rp 7 juta. "Semoga acaranya lancar, dan kita bisa bersaing nanti hasilnya di tingkat Provinsi Jawa Barat," katanya.

Kades Tegalwaru Aruji Atmaja mengungkapkan, pelayanan dan keaktifan 7 posyandu di desanya berjalan dengan baik. "Jadi juara atau tidak, tidak jadi soal. Terpenting sudah berupaya optimal pengembangan posyandu dan kesehatan masyarakat," ujarnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template