Belajar Menolong Sesama dengan Gabung PMR - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Belajar Menolong Sesama dengan Gabung PMR

Belajar Menolong Sesama dengan Gabung PMR

Written By Admin Raka on Rabu, 01 Agustus 2018 | 14.45.00

CIKAMPEK, RAKA - Banyak manfaat dan pengalaman yang bisa diambil ketika peserta didik mengikuti kegiatan ekstra kurikuler (ekskul) Palang Merah Remaja (PMR). Seperti yang dirasakan oleh para peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cikampek yang tergabung dalam ekskul PMR.

Firmansyah, Ketua PMR SMKN 1 Cikampek mengatakan, merasa senang karena sampai saat ini masih konsisten untuk bisa belajar dan berlatih di kegiatan ekskul PMR. Dia mengaku bahwa alasannya masuk eksul PMR karena ingin mengetahui cara memberikan pertolongan terhadap orang-orang di sekitarnya. Selain itu, ia juga merasa bahwa dengan mengikuti ekskul PMR dirinya menjadi lebih bisa berinteraksi dengan masyarakat dan memiliki jiwa sukarelawan. "Manfaatnya bisa mengetahui cara menolong korban dan membentuk diri untuk mempunyai jiwa sukarelawan," ujarnya kepada Radar Karawang.

Aip Aipudin, pembina PMR SMKN 1 Cikampek menyampaikan, saat ini ada 49 orang peserta didik yang tergabung dalam ekskul PMR. Namun untuk kelas X sebanyak 25 orang belum termasuk anggota karena belum dilantik. "Kalau sekarang disini setiap ekskul minimal 40 orang anggotanya, kemudian tidak boleh keluar sebelum sekolahnya selesai," katanya.

Menurut Aip, PMR mengajarkan para peserta didik untuk lebih peka dan peduli terhadap teman sebayanya. Mengajarkan juga kepada peserta didik untuk berinteraksi dengan masyarakat dan mengajarkan agar selalu menolong siapapun yang ada disekitarnya ketika membutuhkan bantuan. "Kalau anak PMR biasanya lebih peka dan lebih peduli dengan teman sebayanya. selain itu kalau anak PMR ya setidaknya tau bagaimana memberikan pertolongan pertama jika suatu saat mereka hendak menolong orang disekitarnya," ujarnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template