Bekas Kantor Camat Dengklok tak Terawat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bekas Kantor Camat Dengklok tak Terawat

Bekas Kantor Camat Dengklok tak Terawat

Written By Admin Raka on Senin, 13 Agustus 2018 | 16.45.00

RENGASDENGKLOK,RAKA- Bekas kantor Camat Rengasdengklok di depan Pasar Dengklok kondisinya tidak terawat. Padahal, bangunan ini memiliki sejarah panjang mengiringi proses kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Dan kantor ini pun pernah digunakan sebagai Kewedanaan di masa lampau.

Salah seorang warga Rengasdengklok, Mansur mengatakan, warga Rengasdengklok, tidak akan melupakan kantor Kewedanan di Jalan Proklamasi, Desa Rengasdengklok Selatan. Sebab, gedung itu menjadi saksi sejarah peristiwa penculikan Soekarno dan Hatta yang dilakukan oleh kelompok pemuda pada 16 Agustus 1945. "Sejarah penculikan Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok tidak bisa dilepaskan dari kantor Kewedanan dan rumah Djiaw Kie Siong. Dari situlah sejarah kemerdekaan Indonesia dirumuskan," paparnya.

Sebelumnya, Ketua Forum Pemuda Peduli Sejarah Rengasdengklok (FPPSK) Yuda Febrian Silitonga, menuturkan, kondisi bangunan bersejarah tersebut sudah sangat memprihatinkan dan tidak terpakai. Pemkab Karawang dinilai tak memiliki kepedulian untuk merawat Kantor Kewedanan Rengasdengklok. Upaya untuk memperbaiki bangunan tersebut sudah berkali-kali diperjuangkan oleh Forum Pemuda Peduli Sejarah Karawang (FPPSK). Namun, Pemkab Karawang belum juga terpanggil untuk memperbaiki. "Kami sudah lelah untuk bicara dengan Pemkab Karawang dan memutuskan menggalang dana dari masyarakat yang peduli dengan bangunan bersejarah ini untuk direhab," ujarnya, baru-baru ini kepada wartawan.

Aksi penggalangan dana dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dan juga menyindir pemerintah daerah yang kurang peduli dengan kondisi bangunan yang rusak parah. Saat ini, halaman Gedung Kewedanan dijadikan tempat parkir liar. Rencananya, FPPSK menggelar kegiatan pada 16-17 Agustus di gedung Kewedanaan Rengasdengklok dengan meluncurkan buku Rengasdengklok Undercover dan mereka ulang peristiwa 16 Agustus 1945. "Sebelum melakukan kegiataan itu, kami akan melakukan rehab. Untuk dana rehab, kami menggalang donasi. Setelah direhab, gedung Kewedanan akan dijadikan Museum Sejarah Rengasdengklok," pungkasnya. (asy)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template