Banyak Jamaah Haji Karawang Tersesat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Banyak Jamaah Haji Karawang Tersesat

Banyak Jamaah Haji Karawang Tersesat

Written By Admin Raka on Senin, 27 Agustus 2018 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - Jamaah haji Indonesia banyak yang tersesat saat menjalankan ibadah di Tanah Suci. Tidak terkecuali warga Kabupaten Karawang. Seperti yang diungkapkan oleh anggota Komisi C DPRD Kabupaten Karawang Dedi Rustandi kepada Radar Karawang, Minggu (26/8) kemarin.

Menurutnya, banyak jamaah yang tersesat akibat terpisah dari rombongan setelah melaksanakan rangkaian ibadah haji. Agar tidak terjadi hal yang buruk, dia minta agar tahun depan penyelenggara haji lebih matang melayani para jamaah haji. "Pelayanan pemerintah terhadap jamaah haji cukup bagus, cuma di lapangan saya banyak menemukan orang kesasar. Petugas haji perlu lebih intensif menyisir para jamaah," ujarnya melalui pesan singkat.

Ia melanjutkan, sering kali jamaah haji yang terpisah dari rombongan itu, terjadi di lokasi-lokasi rawan. "Biasanya pintu harom (Masjidil Haram) yang jadi lokasi kebanyakan orang kesasar. Terjadi bukan hanya saja warga Karawang, tetapi semuanya merata," katanya.

Meski begitu, kata Dedi, semua jamaaah haji dalam keadaan sehat, terutama setelah memotong rambut kepala. "Alhamdulillah jamaah semuanya sehat. Kita sudah melaksanakan sunah potong rambut, pahalanya pol seperti jumlah rambut yang kita potong," paparnya.

Berdasar data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, selama sepekan saja ada lebih dari 500 orang yang tersesat. Angka sesungguhnya diprediksi lebih besar. Sebab, tidak sedikit jamaah tersesat yang belum terdata. Mereka biasanya ditemukan petugas haji dan langsung diantar ke hotel tanpa pencatatan.

Kepala Bidang Perlindungan Jamaah (Linjam) Haji Daerah Kerja (Daker) Madinah Maskat Ali Jasmun, mengakui bahwa jumlah 500 orang itu hanya yang tercatat di server linjam. "Yang nggak tercatat tentu jauh lebih banyak," ujar Maskat.

Maskat mencontohkan, jamaah haji lansia biasanya bingung mencari pintu keluar dari Masjid Nabawi. Sebab, masjid tersebut memiliki 42 gate. Sebenarnya di tiap gate sudah diberi nomor berukuran besar. Namun, masih ada jamaah lansia yang tidak memperhatikan nomor tersebut. (apk/jp)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template