Banyak Bacaleg Curi Start - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Banyak Bacaleg Curi Start

Banyak Bacaleg Curi Start

Written By Admin Raka on Senin, 27 Agustus 2018 | 14.00.00

KOTABARU, RAKA - Menjelang pemilhan legislatif 2019 mendatang, banyak banner dan stiker dari bakal calon legislatif yang sudah dipangpang di sepanjang jalan di wilayah Kecamatan Kotabaru. Bahkan keberadaan banner tersebut masuk dalam kategori kampanye dan melanggar Peraturan Daerah (Perda) Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan (K3).

Agus Virgo, Ketua Panwas Kecamatan Kotabaru menyampaikan, jika dalam banner tersebut tidak ada kalimat ajakan yang sifatnya kampanye maka bukan termasuk pelanggaran. "Kalau hanya sebatas foto dan tulisan yang menjelaskan bahwa foto itu calon legislatif ya tidak melanggar, karena itu sifatnya sosialisasi. Terkecuali, jika dalam stiker atau banner itu terdapat kalimat ajakan atau visi misi, itu baru melanggar. Karena kan belum masuk masa kampanye," terang Agus, kepada Radar Karawang, Minggu (26/8).

Ia menyampaikan, dari banner atau stiker para bacaleg yang dipasang diakuinya ada beberapa yang melanggar aturan pemilu, bahkan termasuk melanggar Perda K3. Karena seperti yang diketahui, banyak banner yang dipasang di pohon, di tiang listrik dan di beberapa tempat umum lainnya. Banyak pelanggaranya K3 juga. Tapi itu (pelangaran K3) bukan kewenangan panwas untuk menindak, melainkan Pol PP," ujarnya.

Ia menyampaikan, saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan alat peraga sosialisasi bakal calon legislatif. "Di Kotabaru, Daftar Calon Sementara (DCS) sudah ada 27 orang dari 12 partai," katanya.
Ia juga menyampaikan, pihaknya akan mendata bakal caleg yang pemasangan alat peraganya melanggar K3 termasuk melanggar undang-undang pemilu, kemudian akan berkoordinasi dengan pihak Pol PP. "Nanti kita koordinasi dengan Pol PP, kemudian nanti Pol PP yang akan menindak. Kalau sekarang memang belum ada koordinasi dengan pihak Pol PP," ungkapnya.

Masih disampaikan Agus, untuk masa kampanye dimulai setelah penetapan daftar calon tetap, yakni dari tanggal 23 September 2018 sampai 13 April 2019. Adapun titik untuk pemasangan alat peraga kampanye seperti spanduk, banner, stiker dan alat peraga lain, akan ditentukan oleh KPU. Jika pada masa kampanye masih ada alat peraga dari masing-masing bakal caleg melanggar K3, ia akan berkoordinasi dengan semua bakal caleg serta para timses untuk mencopotnya. "Jika sudah koordinasi tapi masih banyak yang melanggar, ya kita serahkan sama Pol PP," pungkasnya.
Sementara Diding Haryadi, Kasi Trantib Kecamatan Kotabaru belum bisa memberikan keterangan meski sudah dihubungi melalui nomor ponselnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template