Balon Kades Keluhkan Waktu Pendaftaran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Balon Kades Keluhkan Waktu Pendaftaran

Balon Kades Keluhkan Waktu Pendaftaran

Written By Admin Raka on Rabu, 15 Agustus 2018 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - Bakal calon kepala desa yang akan bertarung dalam Pilkades serentak 2018 mengeluhkan tahapan pendafataran yang sudah menggunakan pelayanan satu atap. Mereka menilai, waktu pendaftaran terlalu singkat.

Bakal calon Kepala Desa Sindangkarya, Kecamatan Kutawaluya, H Acep menilai pelaksanaan pendaftaran bakal calon kades saat ini terlalu terburu-buru. Sebab saat setelah pendafataran di tingkat desa mengharuskan memenuhi kelengkapan persyaratan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang dengan waktu yang cukup singkat.

"Kordinasi panitia dari kecamatan dan panitia di desa kurang, sehingga calon kesusahan. Mulai dari kelengkapan berkas yang harus dibawa untuk persyaratan ke sini," ujarnya kepada Radar Karawang, di depan kantor Dinas PMD Karawang, Jalan Surotokunto Karawang, Selasa (14/8).

Dikatakannya, pendaftaran di tingkat desa dilaksanakan pada Minggu (11/8) lalu, sedangkan penyerahan persyaratan kepada Dinas PMD Karawang dilakukan dua hari setelah itu tanpa adanya pemberitahuan tentang kelengkapan persyaratan apa saja yang harus dibawa oleh balon. "Seharusnya penitia memberitahukan persyaratan yang harus dibawa ke sini. Kalau ini kan kita tahunya saat sudah ada di sini. Kita bawa semuanya. Yang jadi kendala masalah fotocopy KTP, KK dan foto. Itu tidak ada pemberitahuan. Jadi harus bolak-balik untuk fotocopy, dan saya rasa proses ini terlalu terburu-buru. Seharusnya tahun lalu juga diberikan waktu 1 minggu untuk mempersiapkannya kalau sekarang tidak," terangnya.

Diakui Acep, pada pilkades tahun ini dirinya akan bertarung dengan satu calon kades lainnya. "Kalau nanti menang jadi dua priode, saya bersaing dengan Pak Udin Sobari," terangnya.

Terkait dana pemilihan kepala desa, diakuinya memang dirinya belum mendapatkan kejelasan. Acep mengatakan, dia tidak mengetahui pasti prosesnya akan seperti apa. "Saya kurang paham soal itu, yang jelas dana pilkades gimana pemerintah yang di atas, kalau kita hanya bisa berjuang," terangnya.
Bakal calon Kepala Desa Sindangkarya lainnya, Udin Sobari belum mau berkomentar banyak soal pemilihan kepala desa tahun ini. Yang jelas pihaknya siap menghadapi pesta demokrasi di tingkat desa. "Saya siap menang dan siap kalah, sebab ini kompetisi. Dalam pesta demoktasi yang menetukan masyarakat," ujarnya singkat.

Ketua panitia pemilihan kepala Desa Sindangkarya Deden Haidar juga mengatakan, sosialisasi tentang persyaratan bakal calon kepala desa seharusnya dilakukan oleh panitia dari kecamatan, namun acuan dari aturan yang ada mengharuskan semuanya dibuat sibuk. "Kesiapan seharusnya dari pihak panitia kecamatan menyosialisasikan apa saja yang harus dibawa untuk ke DPMD, namun ternyata tidak seperti itu, dan biasanya calon setelah pendafataran dikasih waktu seminggu, tapi kalau saat ini tiga hari," terangnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas PMD Karawang Ade Sudiana menampik kurangnya sosialisasi kepada para calon kepala desa soal persyaratan yang harus dibawa ke Dinas PMD Karawang. "Kades sebelum yantap dan diberi arahan dulu oleh pantia uji tingkat kecamatan tentang apa-apa yang harus dipersiapkan oleh balon kades dalam yantap," terangnya melalui pesan singkat. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template